Konsep Pedagogi dan Andragogi dalam perspektif Al Maraghi: studi atas QS. Luqman dan QS. Al Kahfi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alif, Faizah (2018) Konsep Pedagogi dan Andragogi dalam perspektif Al Maraghi: studi atas QS. Luqman dan QS. Al Kahfi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizah Alif_F120315204.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terkait pemahaman hakikat konsep pedagogi dan andragogi modern adalah pedagogi merupakan ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dua variabel yaitu subyek dan obyek (pendidik dan terdidik) dengan menggunakan sistem pemberitahuan (informatif). Artinya bahwa objek diposisikan sebagai orang yang tidak tahu dan subyek adalah orang yang paling paham serta mengerti mengenai ilmu itu. Sistem pendidikan ini ditujukan untuk anak-anak sampai mereka nanti sudah dewasa, sehingga mereka siap untuk menerima sistem pendidikan yang selanjutnya. Sedangkan arti dari andragogi adalah sistem pendidikan yang terarah pada interaksi antara dua variabel yakni pendidik dan peserta didik, dimana masing-masing berperan aktif dalam pencapaian hasil atau tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hakikat konsep pedagogi dan andragogi, serta adanya kedua konsep tersebut jika ditinjau dari Alquran dalam QS. Luqman dan QS. Al-Kahfi berdasarkan Tafsīr al Marāghī, sedangkan yang terakhir terkait relasi konsep pedagogi dan andragogi modern dengan konsep pedagogi dan andragogi dalam QS. Luqman dan QS. Al-Kahfi berdasarkan Tafsīr al Marāghī. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang lebih mengarah pada penelitian literer atau library research (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan metode mawdhū’i. Hasil yang diperoleh yakni konsep Pedagogi dalam QS. Luqman memiliki kandungan makna dan terapan (implikasi) yang sama dengan konsep pedagogi modern. Adanya penelitian pustaka terkait hal ini menunjukkan bahwa teori pendidikan Barat memang sudah jauh lebih dahulu terangkum dalam Al-Qur’an, dengan demikian supaya tidak serta merta menjadikan teori Barat menjadi sumber utama, tetapi juga dilihat dari sisi nilai-nilai Islami. Begitu pun dengan konsep Andragogi, hanya saja dalam QS. Al-Kahfi motivasi belajar ekstrinsik berupa redaksi perintah dan larangan ataupun anjuran dan cemooh sedangkan motivasi instrinsik menjadikan manusia yang baik dalam materi pendidikan yang ada meliputi keimanan, moral, fisik, akal, psikologi, sosial-masyarakat. Relasi antara konsep pedagogi dengan konsep pedagogi dalam QS. Luqman ialah similarisasi, konfirmatif, komplementasi dan informatif. Sedang konsep andragogi dengan konsep andragogi dalam QS. Al-Kahfi yakni similarisasi, konfiratif, komplementasi, informatif dan korektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alif, Faizahfaizahalif92@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Konsep; Pedagogi; Andragogi; Tafsir; Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alif Faizah
Date Deposited: 25 Mar 2019 05:13
Last Modified: 24 Apr 2019 01:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30803

Actions (login required)

View Item View Item