Persepsi warga tentang perubahan nama Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Alif Zulkifli (2019) Persepsi warga tentang perubahan nama Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Zulkifli Ramadhan_E84212071.pdf

Download (838kB)

Abstract

Skripsi ini meneliti persepsi warga tentang perubahan nama Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari Surabaya. Yang dalam realitas perealisasinya sampai sekarang masih belum ada kejelasan. Munculnya perubahan nama jalan yang digagas oleh Pemprov Jawa Timur bertujuan untuk merekonsiliasi budaya antara budaya Jawa Timur dan budaya Jawa Barat pasca Perang Bubat. Fokus pada penelitian ini adalah apa dasar dan alasan Pemkot Surabaya merubah Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari? dan apa respon masyarakat pada perubahan Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari?. Dimaksud agar peneliti mengetahui dasar dan alasan Pemkot Surabaya serta respon masyarakat Dinoyo dan Gunungsari tentang kebijakan perubahan nama jalan. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian yakni pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif yaitu salah satu pendekatan yang digunakan untuk membedah fenomena yang di amati di lapangan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan perubahan nama Jalan Dinoyo dan Jalan Gunugsari sampai saat ini sulit untuk terealisasi. Pasalnya, Ketua Pansus Fathkul Muid mengundurkan diri dari jabatan ketuanya karena banyak tekanan dari dalam dan dari luar. Kemudian kebijakan perubahan nama jalan Dinoyo dan Gunungsari mendapat penolakan oleh masyarakat khususnya warga yang terkena imbas perubahan nama jalan dan berbagai kalangan pemerhati Surabaya diantaranya ada Paguyupan Mastrib Jawa Timur, Gerakan Peduli Rakyat Suroboyo (GPRS), Komunitas Bambu Runcing Surabaya, Komunitas Love Suroboyo dan komunitas-komunitas lainnya. Lalu ada mantan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) juga ikut menolak adanya perubahan nama jalan tersebut. Dan di lapangan sendiri Pemprov Jawa Timur belum melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang terdampak pergantian nama Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Alif Zulkiflidhanzr008@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Perubahan Nama Jalan; Dinoyo; Gunungsari; Pemprov Jatim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Ramadhan Alif Zulkifli
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:33
Last Modified: 20 Mar 2019 05:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30789

Actions (login required)

View Item View Item