Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada siswa Kelas XII SMK Negeri I Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Aang Yuli (2011) Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada siswa Kelas XII SMK Negeri I Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aang Yuli Setiawan_B07304068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pennasalahan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu apakah ada hubungan antara konsep diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada siswa kelas XII SMK Negcri I Sidoarjo. Sedangkan tujuan dari penclitian ini adalah untuk rnengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecernasan dalam menghadapi dunia kerja pada siswa kelas XII SMK Negeri I Sidoarjo. Hipotesis penelitian ini adalah "Ada hubungan antara konscp diri dcngan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada siswa kelas XII SMK Negeri ISidoarjo". Untuk mengungkap persoalan tersebut di atas penelitian ini rnenggunakan metode kuantitatif yang berguna untuk memeriksa fakta dan data mengenai antara konsep diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada siswa kelas XII SMK Negeri ISidoarjo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Teknik Mckanik Otomotif dan Teknik Gambar Bangunan yang bcrjumlah 140 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket yang mengunakan teknik Product Moment dengan uji validitas menggunakan analisis data uji korelasi Spearman dan uji korclasi Kendall's Tau dengan menggunakan bantuan komputer program statistic package for social science (SPSS) versi 11.0 for Windows. Bcrdasarkan dari hasil analisis data dcngan mcnggunakan uji korelasi uji korelasi Spearman antara variabel konsep diri dengan kecemasan menghasilkan koefisien korelasi = 0.530 dengan peluang galat (p) = 0,000, karena signifikansinya < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha ditcrima. Sedangkan dari Uji Korelasi Kendall's Tau antara konsep diri dengan kecemasan menghasilkan koefisien korelasi = 0.409 dengan peluang galat (p) = 0,000, karena signifikansinya < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa dari siswa kelas XII SMK Negeri I Sidoarjo keduanya ada hubungan yang signifikan antara variabel konsep diri dengan kecemasan. Dari basil koefisien korelasi yang bertanda positif menunjukkan adanya hubungan yang scarah atau korclasinya bersifat positif yang artinya semakin rcndah konsep diri yang didapat maka semakin tinggi pula kecemasan siswa kelas XII SMK Negeri I Sidoarjo. Pcnclitian ini hanya mcngungkap variabcl konscp diri scbagai variabcl bcbas yang mempengaruhi variabel kecemasan. Padahal masih banyak aspek-aspek variabel-variabel sehingga dapat diketahui besarnya sumbangan tiap-tiap aspek dalam konscp diri dcngan kcccmasan, maka kcpada pcncliti sclanjutnya diharapkan apabila bermaksud mengadakan replikasi terhadap penelitian ini hendaknya memperhatikan hal-hal tcrschut untuk mencapai kesempurnaan penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Aang Yuli--UNSPECIFIED
Subjects: Karier
Uncontrolled Keywords: Konsep diri; kecemasan; dunia kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:36
Last Modified: 12 Mar 2019 03:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30772

Actions (login required)

View Item View Item