Pengembangan multimedia pembelajaran al-qur'an dengan metode at-tartil berbasis android di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasucha, Juli Amaliya (2019) Pengembangan multimedia pembelajaran al-qur'an dengan metode at-tartil berbasis android di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Juli Amaliya Nasucha_F03115002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kesadaran sebagian orang tua akan pentingnya mengontrol perkembangan belajar dan kemampuan membaca al-Quran anak sejak dini saat ini semakin berkurang, hal itu disebabkan kesibukan dan ketidakmampuan orang tua yang dijadikan alasan untuk melepas tanggungjawab serta menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Di sisi lain, proses pembelajaran al-Qur’an dengan metode at-Tartil di sekolah juga masih bersifat konvensional. Sehingga belum dapat mengikuti kegemaran siswa pada saat ini yakni dengan memanfaatkan teknologi multimedia yang dapat memotivasi siswa untuk murāja’ah. Berdasarkan fenomena yang ada menjadikan kegelisahan akademik tersendiri sehingga penulis tertarik untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran al-Qur’an dengan metode at-Tartil berbasis android. Dengan fokus rumusan masalah sebagai berikut: Pertama bagaimana pembelajaran al-Qur’an dengan metode at-Tartil di Sidoarjo?, Kedua bagaimana tahap pengembangan multimedia pembelajaran al-Qur’an dengan metode at-Tartil berbasis android di Sidoarjo?, Ketiga bagaimana efektifitas multimedia pembelajaran al-Qur’an dengan metode at-Tartil berbasis android di Sidoarjo?. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Sedangkan teori yang digunakan mengacu pada teori Borg and Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan model pendidikan. Untuk menganalisis data penulis menggunakan mixed methode yakni jenis, kualitatif dan kuantitatif. Perhitungan analisisnya menggunakan persentase dan two related sampel test model uji Wilcoxon. Temuan penulis terkait pengembangn ini menghasilkan produk aplikasi berbasis android yang bersifat offline dan online, offline ketika membuka aplikasi dan materi sedangkan online saat guru menginput nilai dan memberikan tugas murāja’ah serta saat siswa melaporkan murāja’ahnya kepada guru dan evaluasinya di input melalui aplikasi guru yang secara langsung diterima pada aplikasi siswa. Sedangkan keefektifan aplikasi ini dinyatakan bahwa sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pada“Test Statistics” diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka terdapat perbedaan antara hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan aplikasi android pada pembelajaran al-Qur’an. Selisih nilai rata-rata sebelum dengan sesudah menggunakan aplikasi sebesar 13,4.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasucha, Juli Amaliyaamel.cemalcemil53@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Al Qur'an
Keywords: Multimedia; Pembelajaran al-Qur'an; Metode at-Tartil
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nasucha Juli Amaliya
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:02
Last Modified: 12 Mar 2019 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30770

Actions (login required)

View Item View Item