INTERRELASI INTELEKTUAL ANTARA UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO DENGAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR : STUDI ANALISIS KURIKULUM KULLIYATU AL-MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arini, Aida (2015) INTERRELASI INTELEKTUAL ANTARA UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO DENGAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR : STUDI ANALISIS KURIKULUM KULLIYATU AL-MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Al-Azhar Kairo merupakan simbol kemajuan Islam dari generasi ke generasi, yang mana Al-Azhar Kairo merupakan suatu lembaga pendidikan Islam yang mampu mencetak ulama’-ulama, fuqaha’, mahasiswa yang mampu mengkontribusi pendidikan Islam, khususnya pendidikan pesantren di Indonesia. Beragam pesantren di Indonesia notabene memiliki karakteristik pendidikan dan pembelajaran yang berbeda. Karakteristik pendidikan dan pembelajaran sebuah pesantren terlihat dari ide dan konsep para pimpinan dan pengurus pondok. Dalam hal ini, pimpinan pondok PMDG sekaligus beberapa kader-kader pondok berlatar belakang keilmuan dari Universitas Al-Azhar Kairo. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung, proses transformasi nilai falsafah dan keilmuannya terjadi melalui program-program dan kegiatan pondok, khususnya program dan kegiatan kurikulum di KMI.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pola relasi antara Al-Azhar Kairo dengan Pondok Modern Darussalam Gontor. 2. Bagaimana bentuk Interrelasi intelektual alumni Al-Azhar Kairo dalam pengembangan kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pola relasi yang terdapat antara Pondok Modern Darussalam Gontor dengan Al-Azhar Kairo adalah pola sosio-intelektual yaitu dengan adanya pengalaman berkunjung ke luar negeri, delegasi kader pondok untuk melanjutkan studi dan delegasi kader pondok dalam pembinaan da’i-da’i sedunia, serta jalinan kerjasama di bidang pendidikan, baik dengan dukungan moril maupun materil. 2. Bentuk dan proses transformasi yang dilakukan interrelasi Intelektual alumni Al-Azhar Kairo dalam pengembangan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor, baik secara langsung maupun tidak langsung yang mengarah pada pengembangan bahasa, pengembangan kurikulum dan pengembangan bahan ajar, dengan mengacu beberapa karya-karya dan literatur klasik dari Al-Azhar Kairo dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci : Intelektual, Al-Azhar Kairo, PMDG, pengembangan kurikulum

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Amir Maliki Abitolkah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arini, AidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Gontor; Darussalam; Al Azhar;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2016 07:40
Last Modified: 05 Jan 2016 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item