Analisis Hukum Islam terhadap Histerektomi sebagai upaya mempertahankan keharmonisan rumah tangga; studi kasus di desa Leuge Kecamatan Peureulak Kota Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslichin, Muslichin (2011) Analisis Hukum Islam terhadap Histerektomi sebagai upaya mempertahankan keharmonisan rumah tangga; studi kasus di desa Leuge Kecamatan Peureulak Kota Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muslichin_C51207036.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan tentang "Analisis Hukum Islam terhadap Histerektomi Sebagai Upaya Mempertahankan Keharmonisan Rumah Tangga" (Studi Kasus di Desa Leuge, Kecamatan Peureulak Kota, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh). Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang: bagaimana deskripsi histerektomi sebagai upaya mempertahankan kehannonisan rumah tangga? dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap histercktomi sebagai upaya mempertahankan keharmonisan rumah tangga di Desa Leuge, Kecamatan Peureulak Kota, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh? Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara (interview) kepada responden, selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analitis dan menggunakan pendekatan induktif, yaitu dari kasus histerektomioleh Ibu Amira kemudian dianalisis menggunakan hukum Islam berupa Maslahah dan Hikmah at-tasyil'untuk mengambil sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa histerektomi yang dilakukan oleh Ibu Amira adalah sebagai upaya unt uk mempertahankan keharmonisan rumah tangganya. Berdasarkan pertimbangan Hikmah at-tasyri' dengan dasar Maslahah, yaitu demi keharmonisan rumah tangga dan menjaga jiwa, operasi histerektomi tersebut hukumnya mubiJ (diperbolehkan) secara rjaruriy. Berdasarkan analisis di atas, penulis memberikan catatan bahwa bagi para wanita yang menderita penyakit kandw1gan dan masalah rumah tangga serta berpotensi untuk histerektomi, tidak perlu khawatir, karena di balik resiko yang ditimbulkan oleh histerektomi, ada manfaat yang menjadi solusi untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga, dan diharapkan kepada ahli hukum Islam untuk memberikan kontribusi pendapat lebih Ianjut tentang histerektomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslichin, MuslichinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Keluarga > Keluarga Berencana
Uncontrolled Keywords: Histerektomi; Keharmonisan Rumah tangga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2019 05:24
Last Modified: 26 Feb 2019 09:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30712

Actions (login required)

View Item View Item