Intensifikasi Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa (P2KKM) dalam membentuk karakter mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya tahun akademik 2017-2018

Aliyah, Nelud Darajaatul (2019) Intensifikasi Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa (P2KKM) dalam membentuk karakter mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya tahun akademik 2017-2018. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nelud Darajaatul Aliyah_F02316066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persoalan karakter adalah satu dari bagian tujuan pendidikan itu dilaksanakan, khususnya pendiidkan Islam. Pendidikan karakter dipandang sangat perlu diimplementasikan dalam semua pembelajaran dari seluruh tingat pendidikannya, baik dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Terlebih di perguruan tinggi, yang mana para akademisinya ditunggu oleh sekian macam tatan masyarakat dengan diharpakan membawa udara segar untuk melakukan perbaikan. Dalam konteks UIN Sunan Ampel Surabaya yang menginginkan mahasiswanya memiliki kuwalitas kepribadian yang berkarakter baik sebagaimana dalam tagline Character Building : Smart, Pios and Honourabel Nation. Wujud dari usaha dalam mewujudkan impian tersebut, dicetuskanlah sebuah program keagamaan yang berisi tentang pendidikan akhlak dan tuntunan ibadah, yaitu Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa (P2KKM) oleh Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya yang berlangsung kurang lebih selama empat tahun. Pendekatan dalam penelitiann ini adalah pendekatan kualitatif atau naturalistic inquiry dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu sebuah penelitian yang mengkaji suatu fenomena secara murni tanpa memanipulasi kondisi obyek yang ada dalam rangka menguj secara perinci tentang latar belakang dicetuskannya Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa (P2KKM). Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan penelitain, maka penulis menyimpulkan Intensifikasi Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa (P2KKM) ini terdiri dari dua macam klasifikasi, yaitu intensifikasi berbasis desain dan kebijakan lembaga dan berbasis proses pembelajaran. dan potret karakter mahasiswa yang didapat selama penelitian masih satu karakter yaitu karakter religiou. Serta kendala dan solusi berupa keterlibatan yang lebih dari tenaga kependidikan akademik dari masing-masing fakultas terkait pengaturan jadwal perkuliahan, dan perlu disediakannya gedung asrma (pesantren mahasiswa yang mampu menampung mahasiswa baru demi terlaksanakannya pendidikan karakter yang lebih maksimal. Akhirnya, penelitian ini jauh dari sempurna, sehingga dibutuhkan kritik dan saran yang membangun.

Email: nayzakiyah54@gmail.com
Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Bakar, M. Yunus Abu
Uncontrolled Keywords: Intensifikasi program; Membentuk Karakter Mahasiswa
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Perguruan Tinggi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aliyah Nelud Darajaatul
Date Deposited: 18 Apr 2019 06:23
Last Modified: 18 Apr 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30697

Actions (login required)

View Item View Item