Analisis sadd al-dhari’ah terhadap wakalah pada jasa pijat anak dan dewasa Umi Sa’diyah di Desa Terik Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umah, Rohmatul (2019) Analisis sadd al-dhari’ah terhadap wakalah pada jasa pijat anak dan dewasa Umi Sa’diyah di Desa Terik Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Umah _C92215184.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Sadd Al-Dhari’ah Terhadap Praktik Akad Wakalah Pada Jasa Pijat Anak dan Dewasa Umi Sa’diyah di Desa Terik Kecamatan Krian Sidoarjo” adalah hasil penelitian lapangan. Skripsi ini digunakan untuk menjawab pertanyaan bagaimana akad wakalah pada jasa pijat anak dan dewasa Umi Sa’diyah di Desa Terik Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo dan bagaimana Analisis sadd al-dhari’ah terhadap wakalah pada jasa pijat anak dan dewasa Umi Sa’diyah. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di tempat jasa pijat Umi Sa’diyah dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil di kumpulkan dianalisis oleh penulis dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan sadd al-dhari’ah untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik akad wakalah pada jasa pijat anak dan dewasa Umi Sa’diyah di Desa Terik Krian Sidoarjo, yang dilakukan oleh Umi Kepada Azizah (wakil) menurut hukum Islam telah sah menurut syarat dan rukun dalam akad waka>lah. Sedangkan menurut analisis sadd al-dhari’ah praktik akad waka>lah yang dilakukan oleh Umi kepada putrinya itu menimbulkan suatu kemafsadatan (kerugian) yang ditimbulkan oleh kurang mahirnya si wakil dalam menerima perwalian jasa pijat yang diberikan kepada pengunjung (pasien) sehingga banyak para pengunjung yang komplain dan kecewa karena setelah mereka berobat ke tempat jasa pijat tersebut kondisinya tidak semakin membaik malah semakin parah sedangkan Umi tidak memberikan toleran kepada para pasien untuk memilih apakah pasien dipijat oleh Umi atau anaknya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan dengan pasien maupun pemilik disarankan untuk : pertama, Bagi pemilik jasa pijat Umi Sa’diyah seharusnya memberikan penawaran terlebih dahulu kepada para pengunjung ketika akan melimpahkan jasa pijat kepada Azizah apakah pengunjung tersebut itu bersedia atau tidak. Kedua, Sebaiknya Azizah kalau memang dirasa sudah cukup mampu untuk membuka jasa pijat, supaya ia membuka jasa pijat sendiri dirumahnya, agar masyarakat yang cocok kepada Azizah datang kerumahnya dan jika cocok ke pemilik datang ke rumah rumah Umi Sa’diyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umah, Rohmatulrohmat2510@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Keterampilan
Pengobatan Tradisional
Uncontrolled Keywords: Sadd al-dhari’ah; Wakalah; Pijat anak dan dewasa; Umi Sa’diyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Umah Rohmatul
Date Deposited: 26 Feb 2019 07:49
Last Modified: 26 Feb 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30686

Actions (login required)

View Item View Item