Sejarah dan Perkembangan Yayasan Al-Madina Surabaya Pada Tahun 2009-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anugrawati, Nindiana (2019) Sejarah dan Perkembangan Yayasan Al-Madina Surabaya Pada Tahun 2009-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nindiana Anugrawati_A92214088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah dan Perkembangan Yayasan Al Madina Surabaya pada tahun 2009 -2018”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Al Madina Surabaya pada tahun 2009 – 2018 (2) Bagaimana perkembangan Yayasan Al Madina Surabaya pada tahun 2009 – 2018 (3) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung Yayasan Al Madina Surabaya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan menggunakan metode sejarah melalui tahapan tahapan heuristic, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologi. Sedangkan teorinya penulis menggunakan dua teori yaitu: teori social-institution (lembaga kemasyarakatan). teori Continuity and Change oleh John Obert Voll. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan , penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Yayasan Al Madina Surabaya berdiri secara resmi pada 9 Juni 2009 di Jln Bratang Binangun IX / 25-27 Kelurahan Barata Jaya Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. sebelum berdiri yayasan Al Madina ini berawal dari pelatihan SEFT(Spiritual Emotional Freedom Technique) di IAIN Sunan Ampel Surabaya pada 17 Desember 2006 yang diikuti oleh 350 guru se-Jawa Timur. Yayasan Al Madina Surabaya melebarkan sayap dengan membangun kemitraan bersama PT. LoGOS Institute. Dari kegiatan sosial itu muncul keinginan dari sebagian pengurus Yayasan Al Madina, dan juga Syarif Thayib untuk mendirikan sebuah panti asuhan. Yayasan ini bergerak dalam empat bidang yakni bidang sosial, pendidikan, keagamaan, dan kewirausahaan. (2) Yayasan Al Madina Surabaya sejak tahun 2009-2018 mengalami perkembangan dari berbagai aspek yang meliputi sarana prasarana, dan perkembangan aktivitas. . awalnya Yayasan Al Madina Surabaya berupa tanah seluas 500 M2. Dan berkembang hingga 700 M2 ditahun 2010. Selain itu Yayasan Al Madina juga mengalami perkembangan aktivitas seperti program pendidikan yang merintis program taman baca pada tahun 2013, serta pelatihan totalitas sholat dhuha. tidak hanya berfokus pada pengembangan pendidikan dan sosial namun juga mengedepankan pengembangan ekonomi masyarakat khususnya anak didik Yayasan Al Madina yaitu perkembangan terhadap program kidspreneur, perkembangan program tersebut seperti adanya bazar kidspreneur, unit pengembangan bisnis. Faktor pendukung dan faktor penghambat perkembangan Yayasan Al Madina Surabaya antara lain, faktor pendukung dalam perkembangan Yayasan Al Madina Surabaya yaitu dukungan masyarakat, dan donatur (pemerintahan, pengusaha, dan individual) seperti keikut sertaan apabila Yayasan Al-Madina Surabaya mempunya acara serta siap memberikan bantuan terhadap Yayasan Al Madina Surabaya seperti memberikan donatur, makanan, dll. Terhadap Yayasan Al Madina. Sedangkan faktor penghambat dari perkembangan Yayasan Al Madina Surabaya yaitu lingkungan dan masyarakat yang eksploitasi, serta orang tua yang setengah hati menitipkan anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anugrawati, Nindiananindianananda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Panti Asuhan
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Yayasan Al Madina Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Anugrawati Nindiana
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:20
Last Modified: 25 Feb 2019 04:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30682

Actions (login required)

View Item View Item