Sejarah dan perkembangan Muhammadiyah di Desa Takerharjo Solokuro Lamongan pada tahun 1966-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qolbi, Khofifatul (2019) Sejarah dan perkembangan Muhammadiyah di Desa Takerharjo Solokuro Lamongan pada tahun 1966-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifatul Qolbi_A72213127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul sejarah dan perkembangan Muhammadiyah di desa Takerharjo Solokuro Lamongan pada tahun 1966-2017.adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana sejarah berdirinya Muhammadiyah di desa takerharjo solokuro lamongan? (2) Bagaimana perkembangan Muhammadiyah di desa Takerharjo Solokuro Lamongan pada tahun 1966-2017 ? (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat berdiri dan perkembangan Muhammadiyah didesa Takerharjo Solokuro Lamongan? Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan Historis yang digunakan untuk mendiskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau.adapun metode penulisan sejarah yang digunakan penulis adalah dengan mengunakan beberapa langkah yaitu metode Historis ,dengan mengumpulkan arsip-arsip yang terkait dengan pembahasan yang ditujukan ,verifikasi (kritik terhadap sumber )penafsiran serta bagaimana cara penulisan sejarahnya.teori yang diambil dari penelitian ini adalah teori modernisasi yang dikemukakan oleh Max Weber yaitu mengambarkan bahwa masyarakat melalui tahap akan berkembang dari tradisional ke modern jika orang-orang sendiri menyandang spirit Modernitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Sejarah berdirinya Muhammadiyah di Takerharjo pada tahun 1966-2017 yang diketuai oleh bapak H.Syakur.awalnya karena kondisi masyarakat yang masih mengikuti tradisi-tradisi yang tidak ada tuntutannya dalam ajaran islam serta kurangnya pemahaman dan pengalaman terhadap agama Islam dalam praktek kehidupan sehari-hari.(2) Perkembangan Muhammadiyah di Takerharjo itu banyak mengalami kemajuan yang cukup pesat pada masa awal kemunculan dan cukup baik dari segi amal usaha ,anggota maupun kegiatan keagamaanya dari tahun 1966-2017.(3). Adanya faktor pendukung dan penghambat pada saat berdirinya dan berkembangnya Muhammadiyah di desa Takerharjo Solokuro Lamongan pada tahun 1966-2017.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qolbi, Khofifatulqolbikhofif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Muhammadiyah
Organisasi Masyarakat
Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah organisasi; perkembangan organisasi; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Qolbi Khofifatul
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:44
Last Modified: 22 Feb 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30676

Actions (login required)

View Item View Item