Afghanistan di bawah Pemerintahan Taliban Tahun 1996-2001 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Durrotun (2019) Afghanistan di bawah Pemerintahan Taliban Tahun 1996-2001 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotun Nafisah_ A92215032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Afghanistan di Bawah Pemerintahan Taliban 1996-2001 M”. Dengan fokus permasalahan: (1) bagaimana kondisi Afghanistan sebelum pemerintahan Taliban? (2) bagaimana rekam jejak Taliban? (3) bagaimana pemerintahan Taliban di Afghanistan?. Dalam penulisannya, skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Penelitian ini menggunakan pedekatan ilmu politik dengan menggunakan teori arkeologi kekuasaan oleh Michel Foucault. Teori Foucault tentang arkeologi akan digunakan sebagai kerangka. Arkeologi, dalam hal ini menjadi sarana analitis-kritis untuk membongkar relasi antara kuasa dan pengetahuan dalam wacana. Kekuasaan menurut Foucault bukanlah sesuatu yang hanya dikuasai oleh negara, sesuatu yang dapat diukur. Kekuasaan ada di mana-mana, karena kekuasaan adalah satu dimensi dari relasi. Di mana ada relasi, di sana ada kekuasaan. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Afghanistan sebelum Taliban merupakan negara yang dikuasai oleh beragam Dinasti. Pada akhir abad ke-20 Afghanistan berubah menjadi republik. (2) Taliban muncul pada tahun 1994 di Kandahar. Kelompok ini berasal dari para pelajar di madrasah-madrasah Afghanistan Timur dan Pakistan. Taliban berideologi paham Deobandi yang konservatif dan Pashtunwali yang bersifat lokal. (3) setelah Taliban menguasai Afghanistan, mereka merubah nama negara tersebut menjadi Imarah Islam Afghanistan. Mereka menerapkan aturan-aturan Syariah Islam versi mereka dengan ketat. Pada tahun 2001 Taliban kehilangan kekuasaan di Afghanistan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Durrotundnafisah60@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Radikal dan Radikalisme
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Afghanistan; Pemerintahan Taliban
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nafisah Durrotun
Date Deposited: 22 Feb 2019 08:05
Last Modified: 22 Feb 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30671

Actions (login required)

View Item View Item