Implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakte: Studi Multi Kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dan SD Yayasan Islam Malik Ibrahim Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Rizky (2019) Implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakte: Studi Multi Kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dan SD Yayasan Islam Malik Ibrahim Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Ramadhan_F12316254.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya output pendidikan saat ini sangat menghawatirkan, tingkat intelektualitas yang rendah dan karakter yang buruk. Sistem pendidikan menjadikan peserta didik sebagai manusia yang tercabut dari realitanya, guru mendidik mereka menjadi orang lain bukan menjadi dirinya sendiri. Sekolah tidak lagi menjadi sarana menumbuhkan potensi anak didik yang berkarakter akan tetapi menjadikan mereka manusia yang siap cetak untuk kepentingan tertentu seperti halnya robot. Tujuan penelitihan ini yaitu; 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakter, 2) Untuk mengetahui proses penanaman karakter, 3) Untuk mengetahui dampak pembelajara humanistik dalam pendidikan karakter, 4) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter di SD SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya dan SD YIMI (Yayasan Islam Malik Ibrahim) Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran yang bersifat humanis diterapkan, khususnya dalam menanamkan karakter yang baik kepada seluruh warga sekolah. Sumber-sumber data diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari warga sekolah, serta hasil observasi pada kedua sekolah tersebut, kemudian melalui studi dokumentasi yang berkaitan dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) SD SAIM Surabaya dan SD YIMI Gresik menerapkan pembelajaran humanistik dengan segala indikatornya, namun ada perbedaan dalam cara penerapannya, 2) Proses penanaman karakter di kedua lembaga ini dilakukan melalui pembiasaan pada kegiatan-kegiatan sekolah yang memiliki nilai-nilai karakter, namun dilakukan dalam bentuk kegiatan yang berbeda-beda, 3) Dampak pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakter sangat baik, hal ini berdampak pada penilaian sikap siswa di kedua lembaga baik, kemudian siswa memiliki kesadaran untuk melakukan sikap karakter yang baik, 4) Faktor pendukung penanaman karakter di SD SAIM ialah motivasi anak yang tinggi, sarana mendukung, lingkungan sekolah indah, lingkungan keluarga baik dan komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa. Faktor penghambatnya ialah kurangnya perhatian wali murid dan media massa negatif. Sedangkan di SD YIMI yang menjadi faktor pendukung ialah adanya anggaran dana yang cukup, keikut sertaan orang tua, banyaknya dari wali murid yang berprofesi penting, guru berpenampilan dengan baik dan sopan serta adanya hubungan yang baik antara wali kelas dan wali murid. Yang menjadi faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran siswa, tidak harmonisnya keluarga, krisisnya keteladanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Rizkyramadhanrizky543@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Humanistik; Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ramadhan Rizky
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:17
Last Modified: 02 Apr 2019 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30664

Actions (login required)

View Item View Item