Hubungan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada santri Pondok Pesantren Darul 'Ulum Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Arief Rahman (2019) Hubungan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada santri Pondok Pesantren Darul 'Ulum Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arief Rahman Hakim_B07212043.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada hubungan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada santri Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan try out sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah santri laki-laki Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Penelitian ini menemukan temuan, yaituterdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan penyesuaian diri. Pada penelitian ini semakin tinggi tingkat kemandirian maka makin tinggi pula tingkat penyesuaian diri. Sebaliknya, semakin kemandirian maka makin rendah pula tingkat penyesuaian diri, dengan memperhatikan harga koefisien korelasi sebesar 0,464 berarti sifat korelasinya cukup. Temuan ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Hurlock (2008) bahwa kemandirian merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri. Individu memiliki sikap mandiri dalam cara berpikir dan bertindak, mampu mengambil keputusan, mengarahkan dan mengembangkan diri serta menyesuaikan diri secara konstruktif dengan norma yang berlaku di lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Arief Rahmanariefrahmanhakim602@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Psikologi > Keluarga
Keywords: kemandirian; penyesuaian diri.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Hakim Arief Rahman
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:51
Last Modified: 22 Feb 2019 01:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30659

Actions (login required)

View Item View Item