Analisis maslahah Mursalah terhadap pasal 4 ayat 2 PP no. 45 Tahun 1990 tentang larangan Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita menjadi istri kedua, ketiga, dan keempat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifudin, Achmad (2019) Analisis maslahah Mursalah terhadap pasal 4 ayat 2 PP no. 45 Tahun 1990 tentang larangan Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita menjadi istri kedua, ketiga, dan keempat. Undergraduate thesis, Universitan Islam Ngeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Syarifudin_C01212005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode studi pustaka. Selanjutnya data dianalisis menggunakan metode deskriptif analitis. Yaitu dengan menggambarkan data yang telah terkumpul dengan menggunakan pola pikir deduktif untuk menganalisis hukum Maslahah Mursalah Terhadap Pasal 4 Ayat 2 PP No. 45 Tahun 1990 Tentang Larangan Pegawai Negri Sipil (ASN) Wanita Menjadi Istri Kedua Ketiga Dan Keempat, Kemudian dianalisa dengan aturan terkait pernikahan poligami yang ada di KHI, UUP No. 1 Th. 1974. Dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa ketentuan PP No. 45 tahun 1990 Larangan menjadikan istri Kedua Ketiga dan Keempat, bertujuan untuk menghindarkan wanita ASN dari permasalahan rumah tangga yang kemungkinan besar timbul, Sehingga menganggu dalam melaksanakan kewajiban yang dikembangkan kepadanya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, Ketentuan ini bisa dikatakan tidak bertentangan dengan hukum islam jika ditinjau dari segi maslahah mursalah, menurut ulama’ usul fiqh maslahah mursalah adalah kemaslahatan yang telah disyari’atkan oleh syari’ dalam wujud hukum, dalam rangka menciptakan kemaslahatan, disamping tidak ada dalil yang membenarkan dan menyalahkan.Penelitian ini memberikan saran bagi ASN Wanita harus tetap taat dan selalu konsisten terhadap ketentuan ini, karena ketentuan ini membawa dampak yang positif yaitu untuk menghindarkan dari problematika perselisihan rumah tangga, sehingga bisa membantu kelancaran ASN wanita saat bertugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifudin, Achmadgussyarif94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Nikah > Nikah Sirri
Poligami
Uncontrolled Keywords: ASN; Aparatur Sipil Negara; PNS; Maslahah Mursalah; Istri kedua; Isrtri Ketiga; Istri Keempat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Syarifudin Achmad
Date Deposited: 26 Feb 2019 04:13
Last Modified: 26 Feb 2019 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item View Item