Peranan pembiayaan Qard al-Hasan terhadap peningkatan usaha anggota Koperasi Syariah Harapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aditya, Ridho Okta (2019) Peranan pembiayaan Qard al-Hasan terhadap peningkatan usaha anggota Koperasi Syariah Harapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ridho Okta Aditya_G74214063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peranan Pembiayaan Qard Al-Hasan terhadap Peningkatan Usaha Anggota Koperasi Syariah Harapan Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif. Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana implementasi pembiayaan Qard Al-H}asan pada Koperasi Syariah Harapan Surabaya?, dan bagaimana peranan pembiayaan Qard Al-Hasan terhadap peningkatan usaha anggota Koperasi Syariah Harapan Surabaya?. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penghimpunan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pegawai dan nasabah/anggota Koperasi Syariah Harapan Surabaya yang melakukan pembiayaan Qard Al-Hasan. Hasil penelitian ini menunjukkan, Koperasi Syariah Harapan Surabaya memberikan pembiayaan Qard Al-Hasan kepada anggota yang memiliki keterbatasan modal, serta yang berhenti karena kekurangan modal untuk melanjutkan usaha. Anggota yang melakukan pembiayaan Qard Al-Hasan tidak ada tambahan dalam mengembalikan uang. Setelah melakukan pembiayaan Qard Al-Hasan terdapat beberapa peningkatan. Peningkatan modal terlihat ketika awal sebelum pembiayaan mereka kekurangan bahkan kehabisan modal untuk melanjutkan usahanya, kini bisa melanjutkan usahanya serta menabungkan sebagian pendapatan untuk menambah modal. Peningkatan penghasilan terlihat dari mereka yang awalnya hanya cukup untuk biaya sehari-hari, sekarang dapat menabung serta bersedekah. Peningkatan sumber daya manusia yang dulunya belum mempunyai tanggung jawab untuk mengembalikan uang pinjaman sekarang sudah bisa bertanggung jawab untuk mengembalikan uang yang dipinjamkan, serta ditambah dengan tabungan. Pembiayaan Qard Al-Hasan yang dilakukan oleh Koperasi Syariah Harapan Surabaya telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, serta memberikan dampak positif berupa peningkatan usaha bagi anggota yang melakukan pembiayaan Qard Al-Hasan. Saran dari penelitian ini bagi Koperasi Syariah Harapan Surabaya adalah untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam memberikan pembiayaan Qard Al-Hasan, sehingga lebih banyak lagi anggota koperasi yang dapat melakukan pembiayaan Qard Al-Hasan dan mengalami peningkatan usaha setelahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aditya, Ridho Oktaridhooktaaditya29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Qard al-Hasan; Koperasi Syariah Harapan Surabaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aditya Ridho Okta
Date Deposited: 21 Feb 2019 04:52
Last Modified: 21 Feb 2019 04:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item