Studi tentang peran Baitul Muslimin Indonesia dalam pemenangan PDI Perjuangan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukmanul (2019) Studi tentang peran Baitul Muslimin Indonesia dalam pemenangan PDI Perjuangan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Lukmanul Hakim_E24212094.pdf

Download (1MB)

Abstract

PDI Perjuangan yang merupakan salah satu partai besar di Indonesia. PDI Perjuangan mempunyai sayap partai yakni Bamusi. Bamusi didirikan karena banyaknya tuduhan kepada PDI Perjuangan bahwa partai ini merupakan partai berafiliasi kiri dan anti Islam. Dari permasalahan tersebut peneliti pengambil rumusan masalah yakni bagaimana peran politik Bamusi Jawa Timur dalam politik PDI P dan bagaimana strategi politik Bamusi Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran Bamusi dalam membangun citra keislaman PDI Perjuangan di Jawa Timur dan menganalis bagaimana strategi Bamusi dalam mempertahankan pemilih PDI Perjuangan. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari data primer dan sekunder kemudian dianalisis menggunakan Teori Strategi Politik. Penelitian ini menemukan bahwa kehadiran Bamusi memberikan dampak yang baik terhadap partai. Bamusi bisa memanfaatkan dan berfungsi sebagai alat yang efektif diantaranya untuk mencounter isu. Sementara dalam konteks Pemilu Bamusi yang merupakan bagian sayap partai juga mengemban tugas mempertahankan suara partai PDI Perjuangan, menerapkan strategi defensif, dengan mengkonsolidasi dan memprioritaskan kedekatan Ormas Islam, menjadikan tokoh dan figur masyarakat bagian dari kampanye meraih kerberhasilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukmanullukmanatradies@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Partai Politik
Uncontrolled Keywords: PDI Perjuangan; Bamusi; Baitul Muslim Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Hakim lukmanul
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:36
Last Modified: 21 Feb 2019 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30624

Actions (login required)

View Item View Item