Sejarah pengaruh pemikiran K.H. Sholeh Darat terhadap pemikiran R.A. Kartini tentang Emansipasi Perempuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayubi, Abdul Rouf Al (2019) Sejarah pengaruh pemikiran K.H. Sholeh Darat terhadap pemikiran R.A. Kartini tentang Emansipasi Perempuan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Rouf Al Ayubi_A02212024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh Pemikiran K.H. Sholeh Darat Terhadap Pemikiran R.A. Kartini Tentang Emansipasi Perempuan. Ada dua fokus pembahasan di dalamnya, yaitu: (1) Bagaimana riwayat kehidupan R.A. Kartini sebagai tokoh emansipasi perempuan di Indonesia? Dan (2) Bagaimana pengaruh pemikiran K.H. Sholeh Darat terhadap pemikiran R.A. Kartini tentang emansipasi perempuan. R.A. Kartini mempunyai kesadaran yang cukup tinggi tentang pentingnya pendidikan bagi perempuan. Karena itulah pemikirannya tentang hak dan emansipasi perempuan dianggap sangat fenomenal mengingat latar sosial budaya dan politik masa ketika beliau hidup sangat diwarnai budaya patriakhi serta politik kolonial yang kurang menghargai peran perempuan. Pemikiran emansipasi perempuan Kartini tercermin dalam karya atau surat-surat yang dia kirimkan kepada sahabatnya Stella Zeehandelaar di Belanda. Surat-surat Kartini memiliki latar nilai keagamaan atau ke-Islam-an yang relatif kuat. Karena itulah sangat menarik untuk ditelusuri sejarah asal muasalnya. Penelitian ini adalah penelitian historis yang menarasikan sejarah pengaruh pemikiran K.H. Sholeh Darat terhadap pemikiran R.A. Kartini, tentang emansipasi perempuan. Penelitian ini menggunakan sejarah naratif yaitu rekonstruksi dari suatu peristiwa yang dideskripsikan dari pecahan-pecahan fragmen cerita yang ditemukan. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam rekonstruksi sejarah pemikiran ini adalah: Heuristik (mencari dan menemukan data), Kritik (verifikasi data), Interpretasi (melakukan penafsiran data) dan Historiografi (menulis atau menarasikan sejarahnya). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: pertama. R.A. Kartini memiliki riwayat hidup yang sangat berwarna. Sebagai seorang putri dari keluarga aristokrat beliau punya pergaulan dengan banyak kalangan termasuk dengan orang-orang Belanda sebagai penguasa kolonial dan juga kalangan agamawan seperti KH. Sholeh Darat. Pergaulan inilah yang menjadi salah satu sebab terbukanya kesadaran pemikiran R.A. Kartini terhadap pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan. Serta mendorong R.A. Kartini untuk mendirikan sekolah perempuan. Kedua, pemikiran R.A. Kartini tentang emansipasi perempuan juga mendapat pengaruh dari pemikiran K.H. Sholeh Darat sebagai guru agamanya. Salah satu yang menonjol terlihat dari digunakannya konsep hijrah dari kegelapan (kejahiliyahan) menuju cahaya (Kesadaran). Karya beliau “Habis Gelap Terbitlah Terang” terinspirasi dari Kitab Suci Al-Quran yaitu di dalam Surat Al-Baqarah ayat 257, yang beliau pelajari tafsirnya dari K.H. Sholeh Darat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayubi, Abdul Rouf Alabdulroufalayubi5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Emansipasi wanita
Pemberdayaan > Perempuan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Sholeh Darat; Kartini; Emansipasi Perempuan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Ayubi Abdul Rouf Al
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:56
Last Modified: 20 Feb 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item