Hubungan antara orientasi tujuan terhadap ketidakjujuran akademik siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Aulia Zahrotul (2019) Hubungan antara orientasi tujuan terhadap ketidakjujuran akademik siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Zahrotul Ulya_J01215006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi, yakni penelitian yang bertujuan untuk mencari hubungan antara dua variabel. Perolehan data dalam penelitian ini yakni menggunakan skala likert, adapun item dari skala ketidakjujuran akademik diadaptasi dari aspek yang telah dijabarkan oleh McCabe & Trevino (1997), adapun skala orientasi tujuan di ukur menggunakan aspek dari Ames & Arche (dalam Slavin, 2009). Skala tersebut ditujukan kepada siswa MAS X yang berada di kabupaten Jombang dengan total populasi sebanyak 348 siswa baik laki-laki maupun perempuan dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sebanyak 22% sehingga sampel yang digunakan berjumlah 76 baik laki-laki maupun perempuan, baik dari jurusan IPA maupun IPS. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment guna untuk mengetahui hubungan antara variabel orientasi tujuan dan variabel ketidakjujuran akademik. Namun sebelum melakukan uji korelasi, peneliti terlebih dahulu telah melakukan uji prasyarat yang berupa uji normalitas dan uji linieritas data. Hasil dari analisis product moment menunjukkan taraf signifikansi 0,000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi tujuan dengan ketidakjujuran akademik siswa. Selain itu dari tabel korelasi menunjukkan angka -0,540, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antar kedua variabel, artinya bahwa jika orientasi tujuan siswa tinggi maka ketidakjujuran akademik yang dilakukan siswa rendah, begitupun sebaliknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Aulia Zahrotulauliaazhazha135@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Psikologi Belajar
Remaja
Uncontrolled Keywords: orientasi tujuan; ketidak jujuran akademik
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ulya Aulia Zahrotul
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:14
Last Modified: 20 Feb 2019 06:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30612

Actions (login required)

View Item View Item