إعداد مواد تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الثّاني بمدرسة منبع الصّالحين الثانوية الإسلامية سوجي مانيار جرسيك: البحث والتطوير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Rohmatun (2019) إعداد مواد تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الثّاني بمدرسة منبع الصّالحين الثانوية الإسلامية سوجي مانيار جرسيك: البحث والتطوير. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatun Nisa'_F12616318.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Mamba’us Sholihin Menggunakan Bahan Ajar berupa kitab Durus lughoh juz 2 dalam pembeljaran bahasa arab, tapi dalam kitab yang digunakan tersebut terdapat beberapa muskilah ang menjadikan kurang efektifnya pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas 2 Madrasah Aliyah Mamba’us Shoihin diantarana adalah belum adanya unsur unsur yang memikat siswa dalam mempelajari bahasa arab sehingga menjadikan siswa cepat bosan dalam mempelajarinya, sebagian besar materi dan bab yang ada pada ini tidak sesuai dengan materi dan bab yangtelah ditentukan oleh pihak kantor urusan agama yang menetapkan bahwasanya kurikulum yang harus dipakai saat ini adalah kurikulum k13, pada kitab tersebut juga tidak mencantumkan 4 maharoh lughohwiyah dan ditemukan juga teks percakapan dan qiroah sangat sedikit sehingga pengajar merasa kekurangan bahan ajar karena kebanyakan dari mereka bisa menyelesaikan pada batas materi ang ditentukan madrasah sebelum selesai KBM semester 1 dan 2, serta dalam bahan ajar terseut tidak mencantumkan qowaid nahwiyah. Hipotesa penilitian ini adalah, tentang cara penyusunan materi pembelajaran bahasa arab ang disesuaikan dengan kebutuhan dan musykilah siswa dan juga untuk mengetahui perubahan nilai sebelum dan sesudah mengunakan bahan ajar yang disusun oleh penelitian serta dapat diketahui seberapa besar keefektifan penggunaanya dalam pengembangan keteraampilan berbahasa. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode research and development dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan materi ajar dalam pembelajaran Bahasa arab. Adapun sampelnya adalah para siswa kelas 2 MA mambaus sholihin yang berjumlah 42 siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Rohmatunrohmaannisa21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajarك; Kitab Durus Lughoh 2
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nisak Rohmatun
Date Deposited: 19 Feb 2019 07:27
Last Modified: 19 Feb 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30592

Actions (login required)

View Item View Item