إعداد مواد تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الأول في المدرسة العالية بالمعهد الإسلامي "منبع الصالحين" سوجي منيار كرسيك: بحث تطويري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toha, Humayro (2019) إعداد مواد تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الأول في المدرسة العالية بالمعهد الإسلامي "منبع الصالحين" سوجي منيار كرسيك: بحث تطويري. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Humayro Toha_F12615264.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu permasalahan dalam proses belajar mengajar adalah pemilihan materi pelajaran yang tepat dan menarik bagi para siswa. Sehubungan dengan kebutuhan para siswa terhadap materi pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka, peneliti menyusun bahan ajar bahasa arab untuk kelas X Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Tujuan mata pelajaran ini agar siswa dapat membaca, menulis, berbicara sesuai dengan kaidah bahasa arab yang benar. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun sebuah bahan ajar dan (2) mengetahui karakteristik produk yang dikembangkan. Populasi dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin kelas X tahun pelajaran 2017-2018 dengan mengambil siswi kelas X 4 sebagai sampelnya. Dan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, angket dan tes. Bahan ajar ini tersusun melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) analisis awal, (2) penyusunan, dengan isi bahan ajar yang terdiri dari: (a) sampul depan, (b) pendahuluan, (c) delapan judul yang dirancang, (d) daftar pustaka. Tahapan selanjutnya adalah: (3) validasi ahli, (4) uji lapangan. Bahan ajar ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Nahwu yang mana uji coba t-test dengan hasil 6.85. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menyusun bahan ajar yang lebih inovatif dan menunjang bagi pelajar pada level menengah ke atas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toha, Humayrohumayrotoha28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Analisis Kontrastif; Materi Nahwu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Humayro Toha
Date Deposited: 19 Feb 2019 07:43
Last Modified: 21 Mar 2019 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30590

Actions (login required)

View Item View Item