Inovasi kebijakan transportasi publik : studi kasus program Suroboyo Bus membayar dengan limbah botol plastik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Rony Bachtiar (2019) Inovasi kebijakan transportasi publik : studi kasus program Suroboyo Bus membayar dengan limbah botol plastik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rony Bachtiar Firmansyah_E04213093.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Inovasi Kebijakan Transportasi Publik (Studi Kasus Program Suroboyo Bus Membayar Dengan Limbah Botol Plastik).Metode yang digunakan adalah deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan data penelitan lapangan sebagai sumber utama. Sedangkan teori yang dipakai adalah teori yang ada dalam buku Riant Nugroho berkaitan dengan dasar pertimbangan dalam membuat manajemen pembangunan kebijakan publik, efektifitas implementasi kebijakan dan teori prinsip dasar kebijakan yang unggul. Hasil penelitian ini yakni : Diketahui bahwa dasar pertimbangan lahirnya kebijakan ini karena menciptakan moda transportasi massal yang nyaman didasari karena memang bentuk tanggung jawab pemerintah kota Surabaya, kemudian desain Suroboyo Bus meniru beberapa negara maju, wujud dan mekanisme pembayaran karena didorong menciptakan moda transportasi yang ramah lingkungan. Dan inovasi program ini juga memiliki spirit mengondisikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Sedangkan, efektifitas implementasinya diketahui bahwa tepat masalah yakni masalah kemacetan transportasi, tepat secara pelaksanaan yakni aturan penggunaan botol plastik benar – benar konsekuen dijalankan, tepat secara target artinya kebijakan ini memang diarahkan untuk masyarakat yang memang ada kebutuhan penggunaan moda transportasi massal. Selanjutnya tepat secara lingkungan, karena perumusan kebijakan transportasi publik ini melibatkan beberapa stakeholders terkait yang sesui fungsi dan kedudukannya. Dan yang terakhir tepat secara aspek proses, karena mayoritas masyarakat mengetahui dan menjalankan aturan. Kemudian, adanya Suroboyo Bus itu diklasikasikan dalam standard ukuran kebijakan yang unggul. Dan diketahui, bahwasannya kebijakan Suroboyo Bus masuk dalam pengklasifikasian kebijakan yang standard. Karena memenuhi di aspek kebijakan yang bijaksana dan kebijakan yang memberikan harapan. Dan belum memenuhi, unsur kebijakan yang memecahkan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Rony Bachtiarronybactiar.f@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Politik
Keywords: Inovasi Kebijakan; Transportasi Publik; Suroboyo Bus
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Firmansyah Rony Bachtiar
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:42
Last Modified: 20 Feb 2019 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item