Peran Teungku Ismail Yakub dalam pengembangan IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyani, Fita (2019) Peran Teungku Ismail Yakub dalam pengembangan IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fita Fariyani_A92215084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Peran Teungku Ismail Yakub Dalam Pengembangan IAIN Sunan Ampel Surabaya” ini fokus untuk menjawab pertayaan: 1) Bagaimana Biografi Teungku Ismail Yakub ? 2) Bagaimana Kontribusi Ismail Yakub dalam bidang pendidikan ? 3) Bagaimana Peran Ismail Yakub dalam pengembangan IAIN Sunan Ampel Surabaya? Untuk pemaparanya penulis menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah : Heuristik (pengumpulan data), Verifikasi (mengkritisi data yang diperoleh, terdapat kritik intern dan kritik ekstern), Interpretasi (penafsiran data) dan Historiografi (penulisan sejarah). Penulisan ini menggunakan pendekatan sosio-historis dengan memakai teori sejarah naratif menurut Sartono Kartodirjo. Teori sejarah naratif merupakan sejarah yang mendeskripsikan tentang masa lampau dengan merekonstruksi apa yang terjadi, serta diuraikan sebagai cerita, dengan perkataan lain kejadian-kejadian penting diseleksi dan diatur menurut poros waktu sedemikian sehingga tersusun sebagai cerita. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Teungku Ismail Yakub merupakan Rektor pertama IAIN Sunan Ampel Surabaya (1965-1972). Ia lahir di Aceh Utara pada tanggal 15 Agustus tahun 1915. Ia mengawali pendidikan di lingkungan tempat tinggalnya, kemudian melanjutkan pendidikan di bangku kuliah di Universitas Sumatra Utara. Pada tahun 1950 ia berangkat ke Mesir untuk kuliah di Universitas Al-Azhar Cairo (1953). 2) Ismail Yakub sebagai intelektual yang produktif mempunyai banyak karya seperti Buku: Tengku Tjhik Di Tiro Hidup dan Perjuangannya, Tiga Belas Tahun Mengembara Di Hutan Pasei, Cut Meutia Pahlawan Nasional Dan Puteranya, Pemikiran Ulama Dayah Aceh, Orientalisme Dan Orientalisten, Terjemahan Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali pada tahun 1964, Terjemahan Ibnu Khaldun yang berjudul Al-Muqaddimah tahun 1982,dan Terjemahan Kitab Al-Umm tahun 1984. Selama hidupnya Ismail Yakub pernah bergabung dan berkarir dalam PERGUISA, PUSA, DI, Anggota PNI, Rektor UNIVA (1963), Rektor IAIN Sunan Ampel, Rektor IAIN Walisongo, DPR/MPR.RI, Asisten Menteri Agama sampai akhir hayat (1988). 3) Peran Ismail Yakub dalam pengembangan IAIN Sunan Ampel Surabaya dari segi fisik adalah membangun gedung Fakultas Syariah, disusul pembangunan Kantor pusat, pembangunan rumah dinas, gedung Fakultas Ushuluddin, gedung Fakultas Adab. Kemudian pengembangan non fisik, ia menghapus program Mapram (Masa Prabakti) dengan memberlakukan program Pekan Orientasi Studi, dan menunjuk KH Nawawi Muhammad (Surabaya) dan KH Manfudz Anwar (Jombang) dan yang lain sebagai tenaga pengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyani, Fitafitafajriyani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perguruan Tinggi
Ulama
Keywords: Teungku Ismail Yakub; IAIN Sunan Ampel Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fajriyani Fita
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:48
Last Modified: 21 Feb 2019 02:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30564

Actions (login required)

View Item View Item