Rencana pengembangan akademik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 2020-2025 menggunakan teknik Kartu Kendali Komunitas (Community Score Card)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaffa, Zumrotul and Umam, M. Helmi and Yusuf, Ahmad and Wahyudi, Noor (2018) Rencana pengembangan akademik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 2020-2025 menggunakan teknik Kartu Kendali Komunitas (Community Score Card). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
Rencana pengembangan UINSA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan model pengembangan akademik UIN Sunan Ampel Surabaya 2020-2025 sebagai bagian menguatkan Rencana Strategi Bisnis lembaga. Penelitian ini, pertama berusaha menjawab bagaimana status riil wajah akademik lembaga hingga akhir 2017, hal ini dijelaskan dalam bentuk paparan profil akademik lembaga. Kedua, penelitian ini berusaha menggambarkan asesmen singkat tentang posisi akademik lembaga dalam perbandingan dengan lembaga lain kemudian mendayagunakan asesmen tersebut untuk perencanaan dan pengembangan akademik. Penelitian ini menggunakan teknik Community Score Card untuk melaksanakan penilaian layanan akademik yang telah dilaksanakan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Community Score Card dipilih diimplementasikan dalam riset ini untuk mengevaluasi bangunan akademik di UIN Sunan Ampel Surabaya selama ini. Melalui teknik ini, telah ditetapkan 10 poin untuk menilai layanan akademik yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya. Pelaksanaan Community Score Card dilaksanakan dengan kegiatan FGD yang dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama bersama penyedia layanan (provider) merumuskan dan melaksanakan evaluasi diri dengan sepuluh bidang yang dinilai. Tahap kedua bersama penggunan (user) merumuskan dan menyelaraskan bidang penilaian yang telah dirumuskan yang kemudian melaksanakan penilaian dari perspektif pengguna. Tahap ketiga bersama pengguna dan penyedia layanan (interface meeting), kemudian melakukan ekspose hasil penilaian masing-masing serta mendiskusikan langkah kedepan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan akademik UIN Sunan Ampel Surabaya. Sebagai gambaran hasil, bahwa kualitas akademik, perkuliahan, perwalian, fasilitas, penjaminan mutu, SDM, layanan, penelitian dan pengabdian harus memiliki evaluasi kebijakan yang tetap. Hal ini berarti bahwa setiap poin pelayanan inti akademik harus dibangun melalui pola pengembangan yang kuat, yakni dari kebijakan, pedoman, implementasi, evaluasi, dan inovasi. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan akademik bisa dilakukan dengan baik, mengingat semua potensi tersebut tersedia di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.comUNSPECIFIED
Umam, M. Helmihelmi.umam@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Yusuf, Ahmadahmad.yusuf.its@gmail.comUNSPECIFIED
Wahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Manajemen Pendidikan
Keywords: Profil akademik; UIN Sunan Ampel Surabaya; CSC; evaluasi pengembangan akademik lembaga;
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Wahyudi Noor
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:25
Last Modified: 19 Feb 2019 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30559

Actions (login required)

View Item View Item