Pengaruh budaya Tashofaha terhadap akhlakul karimah siswa Mts Nurul Huda Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofidah, Khusniyatur (2019) Pengaruh budaya Tashofaha terhadap akhlakul karimah siswa Mts Nurul Huda Sedati. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusniyatur Rofidah_D01215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang Pengaruh Budaya Tashofaha Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Mts Nurul Huda Sedati. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Rumusan Masalah : 1) Bagaimana Budaya Tashofaha Yang Ada Di Lingkungan Mts Nurul Huda Sedati ? 2) Bagaimana Akhlak atau Perilaku Siswa Mts Nurul Huda Sedati? 3) Adakah Pengaruh Budaya Tashofaha Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Mts Nurul Huda Sedati ?. Untuk memperkuat penelitian ini tercakup pula kajian teori tentang kedua Variabel di atas serta penjelasan tentang Pengaruh Budaya Tashofaha Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Mts Nurul Huda Sedati. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa Budaya Tashofaha mempunyai hubungan yang sangat erat terhadap Akhlakul Karimah Siswa. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian Kuantitatif, yakni menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan rumus-rumus statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang Pengaruh Budaya Tashofaha Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Mts Nurul Huda Sedati. Diperoleh data yakni: Pada tabel uji hipotesis menjelaskan nilai korelasi antara variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) adalah 0,234. Yang berarti hubungan antara kedua variabel dalam kategori kurang. Dan nilai Koefisien Determinasi nya adalah 6% Jadi variabel bebas (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat (Y) namun hanya sebesar 6%. Dari hasil perhitungan diatas = 1.273, sedangkan dengan taraf signifikan 0.025 dan db=30 adalah 2.04841. Jadi dapat disimpulkan bahwa > . Maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak untuk pengujian kedua variabel. Namun menurut hasil wawancara kepada guru mata pelajaran akidah akhlak mengatakan bahwa budaya tashofaha mempunyai pengaruh terhadap akhlakul karimah siswa. Pembiasan bersalaman sedikit banyak menjadikan siswa untuk berlatih bagaimana dia berperilaku terhadap orang yang lebih tua khususnya pada orang tua dan guru. Walaupun anak tersebut termasuk tergolong siswa yang nakal, namun mereka masih bisa dikatakan berperilaku baik. Cara mereka bersalaman juga dengan menundukkan kepala dan itu termasuk nilai ples tersendiri mengenai perilakunya. Jadi, ada perbedaan hasil penelitian melalui wawancara dengan hasil analisa data angket dengan teknik statistik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofidah, Khusniyaturfida30rofi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Budaya Tashofaha; Akhlakul Karimah Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofidah Khusniyatur
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:13
Last Modified: 18 Feb 2019 09:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30549

Actions (login required)

View Item View Item