Perancangan gedung pertunjukan seni dengan pendekatan arsitektur ikonik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agil, Sholeh Bin (2019) Perancangan gedung pertunjukan seni dengan pendekatan arsitektur ikonik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholeh Bin Agil_H03214005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Gedung Pertunjukan Seni yang berada di Surabaya merupakan sebuah tempat pertunjukan berbagai macam cabang kesenian, sebagai tempat untuk memberi informasi, pengetahuan, pelatihan dan pembelajaran, serta rekreasi seni dan budaya di Surabaya. Perancangan ini dilakukan mengingat pentingnya keberadaan sebuah kesenian dan kebudayaan di kota besar untuk mendongkrak perekonomian daerah setempat dan juga menjadi daya tarik sektor pariwisata, serta keinginan masyarakat untuk menikmati keindahan karya seni, serta keinginan para seniman untuk disaksikan dan mempergelarkan hasil karya seni mereka. Serta menurut RPJMD permasalahan yang saat ini dihadapi Kota Surabaya adalah semakin lunturnya nilainilai budaya di masyarakat, semakin turunnya minat generasi muda terhadap budaya daerah, serta belum optimalnya pelestaria nilai-nilai budaya. Dan yang lebih krusial adalah penyelenggaraan acara seni di Kota Surabaya selalu terpisah penempatannya dikarenakan kurangnya tempat, maka hal itu yang akan menjadikan ketidakpaduan acara kesenian di Surabaya. Pendekatan Arsitektur Ikonik yang digunakan pada perancangan ini merupakan respon dari fungsi bangunan itu sendiri yang dimana fungsi nya untuk fasilitas publik khususnya kota Surabaya dan sebagai wadah berkesenian maka dibuatkan konsep yang dapat menjadikan bangunan ini sebagai ikon kota Surabaya, hal ini agar mudah diingat keberadaanya oleh publik. Sebagai kesimpulan, penyajian data terkait pemrograman ruang, konsep desain, perancangan dan beberapa gambar eksterior maupun interior dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi sebagai gambar ilustrasi desain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agil, Sholeh Binsholehbag@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Perancangan; Gedung Pertunjukan Seni; Arsitektur Ikonik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Agil Sholeh Bin
Date Deposited: 19 Feb 2019 08:21
Last Modified: 19 Feb 2019 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30541

Actions (login required)

View Item View Item