Relasi Dialektika Kausalitas Ibn Rusyd dengan Moralitas Thomas Aquinas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surahmawati, Susi (2019) Relasi Dialektika Kausalitas Ibn Rusyd dengan Moralitas Thomas Aquinas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Susi Surahmawati_E71214035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Relasi Kausalitas Ibn Rusyd Dengan Moralitas Thomas Aquinas”. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan manusia juga permasalahan yang ada dilaminya adalah suatu kehendak dari Allah SWT akibat dari permaslahan tersebut kepercayaan akan adanya kehendak Allah semakin menipis dan berangsur hilang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi bagaimana seharusnya manusia bersikap bahkan bertindak untuk hidupnya ke arah yang lebih baik. Bentuk penelitian skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (literer), yaitu mencari data mengenai variabel yang berupa catatan, transkip, skripsi, tesis artikel, dan buku yang membahas mengenai kausalitas Ibn Rusyd dan moralitas Thomas Aquinas. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian skripsi ini, peneliti juga mengumpulkan karya tulis lainnya yang di dalamnya berkaitan dengan materi pembahasan baik secara langsung ataupun tidak langsung mengenai konsep yang dikaji demi mendapatkan gambaran atau data secara detail. Metode analisa yang digunakan adalah teori deduktif yaitu memberikan keterangan yang mendalam dari suatu perkiraan atau pikiran spekulatif tertentu menuju ke arah data yang akan diterangkan oleh peneliti. Peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu kerangka berpikirnya terletak pada penganalisaan secara konseptual mengenai makna yang terkandung seobyektif mungkin. Peneliti menghasilkan kesimpulan bahwa dengan adanya pemahaman serta pemikiran mengenai keberadaan dan kehendak Allah SWT dalam kehidupan dan takdir manusia yaitu pada kausalitas Ibn Rusyd jika direlasikan dengan adanya kepercayaan akan adanya hukum kodrat atau hukum Tuhan atas apa yang terjadi yang ada pada moralitas Thomas Aquinas memiliki hubungan dan tujuan yang sama yaitu bagaimana manusia seharusnya dapat berbenah diri kearah yang lebih baik dalam hidupnya serta menerima segala ketentuan yang telah diberikan dan dibawakan Tuhan kepadanya sejak ia lahir kedunia. Sehingga sepatutnya manusia dapat memiliki sikap atau etika yang baik serta menanamkan kesabaran, lapang dada, dan ikhlas ketika menjalani takdir-Nya, karena pada dasarnya sudah mengetahui yang baik dan buruk untuk dirinya sendiri dan tindakannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surahmawati, SusiSusisurahmawati20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Kausalitas Ibn Rusyd; moralitas Thomas Aquinas; relasi dialektika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Surahmawati Susi
Date Deposited: 19 Feb 2019 03:28
Last Modified: 19 Feb 2019 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30517

Actions (login required)

View Item View Item