Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan ELPSA dan Permainan Lego untuk Melatih Kecerdasan Visual-Spasial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufida, Dewi Inayatul (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan ELPSA dan Permainan Lego untuk Melatih Kecerdasan Visual-Spasial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Inayatul Mufida_D94214075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan kerangka kerja ELPSA dan permainan lego untuk melatih kecersasan visual-spasial. Penelitian ini juga dapat mendeskripsikan kecerdasan visual-spasial peserta didik setelah mengikuti pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan milik ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Penelitian dilakukan pada 16 peserta didik kelas IX-1 SMPN 5 Sidoarjo pada tanggal 17 Oktober 2018. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar field note, lembar validasi, lembar angket, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Pada penelitian ini diperoleh data proses pengembangan, data kevalidan perangkat pembelajaran, data kepraktisan perangkat pembelajaran, data keefektifan perangkat pembelajaran dan data kecerdasan visual-spasial peserta didik. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis sebagai berikut : pada proses pengembangan diperoleh data kurikulum yang diterapkan di SMPN 5 Sidoarjo adalah kurikulum 2013, karena materi yang akan diajarkan adalah bangun ruang sisi datar yang terdapat di kelas VIII semester 2 yang diterapkan pada kelas IX-1 semester 1. Kevalidan perangkat pembelajaran mendapat kategori valid dengan rata-rata sebesar 4,13 pada RPP dan rata-rata sebesar 4,29 pada LKPD. Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan praktis secara teori dengan rata-rata penilaian B untuk RPP dan rata-rata penilaian A untuk LKPD. Sehingga perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi untuk RPP dan tanpa revisi untuk LKPD. Kepraktisan perangkat pembelajaran juga dinyatakan praktis secara praktek karena angket respon peserta didik mendapat kategori positif dengan rata-rata sebesar 83,51%. Keefektifan perangkat pembelajaran dinyatakan efektif, karena aktivitas peserta didik selama pembelajaran termasuk kategori aktif dengan rata-rata sebesar 91,22%, dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 87,5%. Kecerdasan visual-spasial peserta didik setelah diberikan pembelajaran mayoritas peserta didik termasuk dalam kategori kecerdasan visual-spasial tinggi dibandingkan peserta didik dengan kecerdasan visual-spasial sedang dan rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufida, Dewi Inayatulfidafida552@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan > Media
Keywords: ELPSA; Permainan lego; Kecerdasan visual-spasial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mufida Dewi Inayatul
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:43
Last Modified: 18 Feb 2019 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30476

Actions (login required)

View Item View Item