Peningkatan pemahaman sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi guided note taking pada siswa kelas 3 MI Bahrul Ulum Becirongengor Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnasari, Dwi (2019) Peningkatan pemahaman sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi guided note taking pada siswa kelas 3 MI Bahrul Ulum Becirongengor Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Ratnasari_D77214030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan realita yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa di kelas III masih rendah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah, dampaknya membuat proses pembelajaran menjadi monoton dan kelas menjadi tidak kondusif. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu:1) Bagaimana penerapan strategi Guided Note Taking untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran SKI materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas III di MI Bahrul Ulum Becirongengor Sidoarjo?2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran SKI materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW setelah diterapkan strategi Guided Note Taking pada siswa kelas III di MI Bahrul Ulum Becirongengor Sidoarjo? Tujuan dari penelitian ini yaitu:1) Mengetahui penerapan strategi Guided Note Taking untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran SKI materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas III di MI Bahrul Ulum Becirongengor Sidoarjo.2) Mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran SKI materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW setelah diterapkan strategi Guided Note Taking pada siswa kelas III di MI Bahrul Ulum Becirongengor Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: Perencanaan (planning), Tindakan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pada siklus I nilai aktivitas guru sebesar 83 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 91 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai sebesar 66 (kurang) mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89 (baik). Pada pra siklus persentase hasil belajar siswa sebesar 34,28% (kurang), pada siklus I mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 51,42% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 88,57% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas menyatakan bahwa pemahaman siswa pada materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan strategi Guided Note Taking mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dan menghasilkan perubahan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnasari, Dwiratnasaridwi80@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Sejarah
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman; Strategi Guided Note Taking; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnasari Dwi
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:41
Last Modified: 18 Feb 2019 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30473

Actions (login required)

View Item View Item