Tinjauan hukum Islam dan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan terhadap pemberian upah pekerja di Tambak Udang Garuda Sakti Desa Kandang Semangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubin, Mohammad Mubasyir (2019) Tinjauan hukum Islam dan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan terhadap pemberian upah pekerja di Tambak Udang Garuda Sakti Desa Kandang Semangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Mubasyir Mubin_C92214150.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ” Tinjauan Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Terhadap Pemberian Upah Pekerja di Tambak Garuda Sakti Desa Kandang Semangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan” berupaya menjawab bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemberian upah kepada pekerja di tambak udang Garuda Sakti Desa Kandang Semangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dan bagaimana tinjauan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjan terhadap pemberian upah pekerja di tambak udang tersebut. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) di Desa Kandang Semangkon Kecaamatan Paciran Kabupaten Lamongan dengan wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan datanya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deduktif, dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan ujrah kemudian dikorelasikan dengan data yang diperoleh di lapangan untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, pemberian upah yang mulanya berupa upah tunai seutuhnya diganti dengan imbalan sembako beras dan sebagian uang kepada pekerja tambak udang Garuda Sakti di Desa Kandang Semangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan telah sesuai dengan hukum Islam karena tidak menyalahi syarat dan rukun ujrah serta akad yang ada tidak fāsid (tidak mengandung kedholiman); kedua, pemberian upah tersebut tidak menyalahi ketententuan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sejauh upah yang diberikan telah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak dengan dasar keadilan serta kerelaan masing-masing. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis memberikan saran terutama kepada pemilik tambak udang Garuda Sakti di Desa Kandang Semangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan untuk memperhitungkan kembali pemasukan dan pengeluran kas tambak udang, agar tidak terjadi perubahan dalam pemberian upah di kemudian hari dan berpikir lebih tentang kesejahteraan para pekerja tambak untuk pemberian upah yang sewajarnya. Adapun untuk para pekerja disarankan untuk bekerja lebih teliti lagi supaya pemilik tambak tidak merasa dirugikan dengan kegagalan yang terjadi dan nantinya upah yang akan diterima layak secara lahir dan batin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubin, Mohammad MubasyirMubin.tepanas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Hukum > Hukum Perdata
Keywords: Undang-undang Ketenagakerjaan; upah pekerja; Tambak Udang Garuda Sakti
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mubin Mohammad Mubasyir
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:40
Last Modified: 18 Feb 2019 02:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30459

Actions (login required)

View Item View Item