Penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo

Nasruddin, Ari Khusnan (2019) Penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ari Khusnan Nasruddin_D01212073.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konteks Penelitian dalam skripsi ini adalah Adanya tantangan terhadap peningkatan mutu dan efektivitas pendidikan sebagai tuntunan nasional yang sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat yang berimplikasi secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah. Sedangkan permasalahan yang ada di Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin adalah siswa merasa pembelajaran Fiqih selama ini kurang menarik dan cenderung membosankan, pemilihan menerapkan pembelajaran CTL oleh guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran agar pembelajaran menjadi bermakna dalam kehidupan jangka panjang. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana strategi pengorganisasian, bagaimana strategi pengorganisasian serta bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Metode Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Fiqih dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018 antara lain: pada pengembangan akhlak siswa, motivasi belajar siswa, kreatifitas siswa dan minat siswa dalam belajar lebih meningkat. Hal ini didukung dengan tersedianya lingkungan belajar yang tidak hanya bersifat material /sarana prasarana tapi juga bersifat non material, yaitu budaya komunikasi yang baik, kegiatan ekstra yang mendukung dan lain-lain.

Email: ariecieyek@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Faizin, Moh.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning; CTL; Strategi pembelajaran
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nasruddin Ari Khusnan
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:38
Last Modified: 18 Feb 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30449

Actions (login required)

View Item View Item