Terapi Ruqyah Syar'iyyah Untuk Gangguan Jasmani dan Rohani di Rehab Hati Surabaya dengan Teknik Tazkiyat Al-Nafs Berbasis Konsep Ibn Al-Qayyim Al-jawzi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Moch Umar (2019) Terapi Ruqyah Syar'iyyah Untuk Gangguan Jasmani dan Rohani di Rehab Hati Surabaya dengan Teknik Tazkiyat Al-Nafs Berbasis Konsep Ibn Al-Qayyim Al-jawzi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Umar Ismail_E71214041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yakni bagaimana proses pelaksanaan terapi ruqyah syar’iyyah di Rehab Hati Surabaya dan bagaimana terapi ruqyah dalam ajaran Ibn al-Qayyim al-Jawzi. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam terapi ruqyah syar’iyyah untuk gangguan jasmani dan rohani di Rehab Hati Surabaya adalah menggunakan teknik Tazkiyat Al-Nafs dengan berbasis konsep terapi ruqyah yang diajarkan oleh Ibn al-Qayyim al-Jawzi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) proses pelaksanaan terapi ruqyah syar’iyyah untuk gangguan jasmani dan rohani di Rehab Hati Surabaya menggunakan pelaksanaannya dengan syari’at Islam. Menggunakan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis, bahasa Arab yang fasih (dibaca dengan jelas), menyakini bahwa ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tersebut tidak mengubah susunan kalimatnya maupun mengubah makna aslinya. Menyakini bahwa al-Qur’an dan hadis tersebut hanyalah merupakan sarana atau wasilah untuk penyembuhan, sedangkan yang menyembuhkan pada hakikatnya adalah Allah SWT. Teknik yang digunakan dalam terapi ruqyahnya menggunakan teknik Tazkiyat Al-Nafs merupakan metode untuk menyucikan jiwa ini dapat mewujudkan kebahagiaan individu dan kebahagian masyarakat. (2) terapi ruqyah syar’iyyah atau terapi Qur’ani menurut ajaran Ibn al-Qayyim al-Jawzi> dapat digunakan untuk usaha penyembuhan terhadap berbagai penyakit, baik penyakit hati (rohani) maupun penyakit fisik (jasmani). Dalam praktek terapi ruqyah syar’iyyah atau terapi Qur’ani, baik seorang terapis maupun pasien dituntut memenuhi syarat-syarat tertentu, di antaranya harus menyakini bahwa hanya Allah Yang Maha Penyembuh, Kemudian menyakini bahwa al-Qur’an bisa dijadikan sebagai obat penyembuh, dan selanjutnya bersikap sabar dan tawakkal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Moch Umarumarrojas2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Terapi Ruqyah Syar’iyyah; Tazkiyat Al-Nafs; Ibn al-Qayyim al-Jawzi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ismail Moch Umar
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:01
Last Modified: 18 Feb 2019 02:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item