Sistem pendukung keputusan dalam memilih bidang keahlian Praktik Kerja Industri (Prakerin)di SMK menggunakan model Yager

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iswahyudi, Arif (2019) Sistem pendukung keputusan dalam memilih bidang keahlian Praktik Kerja Industri (Prakerin)di SMK menggunakan model Yager. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Suarabaya.

[img] Text
Arif Iswahyudi_H76214008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah salah satu kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam melaksanakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman kepada siswa kelas XI di semester genap. Dalam memilih penempatan untuk pelaksanaan prakerin, pihak sekolah melakukan pemilihan secara acak tidak mempertimbangkan keahlian dan potensi diri siswa sehingga selama melakukan prakerin sering kali terjadi permasalahan ditempat prakerin yang berpengaruh terhadap kepercayaan pihak perusahaan tempat prakerin pada pihak sekolah. Sistem pendukung keputusan menggunakan FMADM model Yager dirancang dan dibangun untuk memilih bidang keahlian prakerin di SMK. Model Yager ini dipilih dikarenakan mampu menunjukan tingkat kepentingan antar kriteria dan memberikan kemudahan dalam proses pemilihan penempatan prakerin sesuai dengan bidang keahlian yang dikuasai siswa. Pada penelitian ini kriteria yang digunakan adalah nilai kejuruan, nilai keahlian dan nilai potensi diri. Derajat pentingan untuk kriteria nilai kejuruan (C1) 2x lebih penting dari nilai keahlian (C2), nilai kejuruan (C1) 5x lebih penting dari nilai potensi diri (C3) dan nilai keahlian (C2) 2x lebih penting dari nilai potensi diri (C3). Uji analisis kesamaan hasil dari 80 siswa diperoleh persentase 78,75% sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bidang Keahlian Prakerin “Layak” diimplementasikan secara riil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iswahyudi, Arifarifiswahyudi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Magang
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan; Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) Model Yager; rekomendasi bidang keahlian prakerin
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Iswahyudi Arif
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:39
Last Modified: 19 Feb 2019 01:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30426

Actions (login required)

View Item View Item