Studi komparasi metode penyelesaian Hadis Mushkil menurut Ibn Furak (w.406 H) dan Ibn Al Jawzi (w.597 H)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Takwallo, Takwallo (2019) Studi komparasi metode penyelesaian Hadis Mushkil menurut Ibn Furak (w.406 H) dan Ibn Al Jawzi (w.597 H). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Takwallo_F02816174.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesenjangan antara dalil dengan kenyataan, dalam dalil dijelaskan bahwa dalil maqbul tidak mongkin bertentangan dengan dalil maqbul juga. Akan tetapi pada kenyataanya ada dalil maqbul bertentangan dengan sendirinya, juga dengan dalil lain, dalam istilah ilmu hadis ini lebih dikenal dengan h}adith mukhtalif atau h}adith mushkil. Sebab itu banyak ulama menaruh perhatian khusus padanya, salah satunya Ibn Furak dan ibn al-Jawzi, kedua ulama ini memiliki metode khusus dalam menyelesaikan hadis mushkil. Untuk itu dalam penelitian ini merumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana metode penyelesaian hadis Mushkil menurut Ibn Furak dan Ibn al-Jawzi?, 2. Bagaimana persamaan dan perbedaan dari metode kedua tokoh tersebut?, 3. Bagaimana implikasi dari perbedaan dan persamaan tersebut?. Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab dari rumusan masalah yang ada. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif karena berdasarkan kepada karakter objeknya, atau dengan kata lain, penelitian kepustakaan (library reseacrh), dengan objek berupa naskah, buku atau literatur yang berhubungan dengan persoalan yang dibahas. Hasil dari penelitian tesis ini yaitu: 1. Ibn Furak dalam menyelesaikan hadis mushkil mengunakan metode takwil al-hadith, dan Ibn al-Jawzi dengan metode sharah al-h}adith. 2. Dalam menghilangkan kontradiksi hadis, keduanya mengikuti mazhab jumhur hadis. 3. Implikasi dari metode penyelesaian hadis mushkil adalah mencegah pandangan negatif terhadap hadis mushkil serta menjadi sebuah alternative dalam menyelesaikan hadis mushkil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Takwallo, Takwallomastaqwa93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadis mushkil; Ibn Furak; Ibn al Jawzi
Divisions: Program Magister > Tafsir Hadis
Depositing User: Takwallo Takwallo
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:57
Last Modified: 18 Feb 2019 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30413

Actions (login required)

View Item View Item