Cara mengendalikan marah dalam al Qur’an: analisis ayat-ayat tentang Ghadab dalam Tafsir Al Azhar Karya Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulah, Zakiatul (2019) Cara mengendalikan marah dalam al Qur’an: analisis ayat-ayat tentang Ghadab dalam Tafsir Al Azhar Karya Hamka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiatul Ulah_F03216126.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap manusia menjalani hidup di dunia pada dasarnya menginginkan kebahagiaan dan ketenangan dalam hidupnya. Semua orang akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraihnya dan tidak sedikit cara yang dilakukan untuk mencapainya harus melalui banyak rintangan yang mengganggu didepan. Dalam proses mencapai kebahagiaan hidup ini tidak sedikit orang yang mengalami kegelisahan, kecemasan, dan ketidakpuasan. Dengan kata lain setiap tingkah laku manusia itu selalu terarah pada satu objek atau satu tujuan. Tesis ini berbicara tentang marah dalam al-Qur’an yang terfokus pada term ghadab. Dimana marah diartikan sebagai keadaan emosi manusia yang meledak-meledak dikarenakan salah satu nafsu tidak tercapai atau terhalangi. Allah menciptakan tabi’at marah dan menanamnya didalam diri manusia. Jika dihalangi dari salah satu tujuan atau maksudnya maka bangkitlah api amarahnya. Berbagai cara dalm mengendalikan kemarahan memang sudah banyak dibahas sebelumnya dengan menggunakan teori barat seperti psikoanalisis, gestalt, behavior, client centered dan lain-lain yang sudah umum digunakan. Padahal al-Qur’an memiliki kaya petunjuk manusia dalam berbagai hal termasuk didalamnya pengendalian marah. Untuk itu sudah seharusnya upaya pencarian sebuah solusi pengendalian marah dalam al-Qur’an harus dilaksanakan. Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengendalikan kemarahan dalam al-Qur’an dalam kitab tafsir al-Azhar karya Buya Hamka. Penelitian ini adalah kajian pustaka atas pemikiran tokoh yang dikaji dengan metode kualitatif dan dilakukan dengan menggunakan pendekatan penafsiran metode tematik pada ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan ghad}ab (marah) yang terfokus pada pandangan Hamka dalam tafsir al-Azhar dengan menggunakan metode analisis isi. Ghadab menurut Hamka adalah respon puncak seseorang dalam rangka melindungi dirinya akan ancaman orang lain dan untuk mengendalikan diperlukan dhikir, sabar, memaafkan, dan berbuat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulah, Zakiatulazkiyasmuslimah93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perilaku
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Ghadab; mengendalikan; Al Azhar
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ulah Zakiatul
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:11
Last Modified: 19 Feb 2019 09:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item