Pengaruh penerapan green school terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 4 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Hidayatus (2019) Pengaruh penerapan green school terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 4 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatus Sholikhah_D91215097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lingkungan sekolah yang kurang bersih dan gersang. Dengan adanya green school dapat menjadikan suasana sekolah menjadi lebih tenang dan nyaman sebagai tempat belajar. Salah satu kegiatannya adalah penghijauan sekolah. Jika kondisi ini dapat diwujudkan maka akan tercipta lembaga yang penuh pepohonan yang rindang, bersih, asri dan menyenangkan. Sehingga semua siswa betah disekolah serta dapat membantu siswa dalam menelaah pelajaran. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan green school di SMPN 4 Sidoarjo? (2) Bagaimana motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 4 Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh penerapan green school terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 4 Sidoarjo? Data-data penelitian ini diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada responden mengenai pengaruh penerapan green school terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan menuntut penggunaan angka. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan rumus statistik regresi linier. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan menggunakan SPSS dengan rumus regresi linear bahwa Ho ditolak dan Ha diterima itu tandanya ada pengaruh penerapan green school terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 4 Sidoarjo. Lingkungan ini akan menjadi pemicu kepada peserta didik untuk lebih giat dan termotivasi untuk belajar disekolah. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang peserta didik, pendidikan dari keluarga, lingkungan masyarakat, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Hidayatushidayatussholikhah17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Green School; Motivasi Belajar; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholikhah Hidayatus
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:06
Last Modified: 18 Feb 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30398

Actions (login required)

View Item View Item