Ritual Cok Bakal bagi Petani di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro dalam pandangan akidah Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sanjaya, Virda (2019) Ritual Cok Bakal bagi Petani di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro dalam pandangan akidah Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Sanjaya_E81213117.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skirpsi ini mengkaji tentang ritual cok bakal yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro dalam pandangan Akidah Islam. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yakni: pertama, bagaimana ritual cok bakal di Desa Gayam Kabupaten Bojonegoro? kedua, bagaimana ritual cok bakal di Desa Gayam Kabupaten Bojonegoro menurut pandangan akidah Islam? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan analisis deskripsif kualitatif yakni peneliti turun langsung ke lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, mencari sumber data, kemudian melakukan analisis dan menyusun laporan. Dengan tujuan untuk menggali data dan informasi sebanyak mungkin yang berkaitan dengan ritual cok bakal di Desa Gayam yang masih dilakukan hingga saat ini. Hasil dari penelitian ini yaitu bagi sebagian masyarakat ritual cok bakal dilakukan untuk menghormati serta meminta perlindungan kepada roh-roh atau Dewi Sri agar menjaga tanaman padi mereka sehingga mendapatkan hasil yang melimpah. Akan tetapi sebagian dari masyarakat yang arah tujuannya sudah terbuka oleh nilai-nilai serta unsur-unsur keagamaan, pola tujuan dari pelaksanaan ritual cok bakal tersebut menjadi sarana serta bentuk dari ucapan rasa terima kasih mereka terhadap nenek moyang atau leluhur sebagai orang yang pertama kali menempati tanah tersebut, serta sebagai simbolisasi atas rasa syukur mereka kepada segala rezeki yang telah Allah SWT berikan selama ini. Sedangkan menurut pandangan akidah Islam sendiri mempercayai dan meyakini adanya kekuatan selain Allah SWT, adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh-Nya, Secara memang pribadi bentuk-bentuk atau cara manusia mengingatkan diri mereka terhadap Allah SWT emang beragam, seperti halnya melakukan tawasul yang berarti menjadikan sesuatu sebagai perantara untuk mendekatkan diri mereka kepada Allah SWT, akan tetapi beberapa masyarakat melaksanakan ritual ini dengan tujuan meminta kepada Dewi Sri atau roh penjaga tanah untuk memberikan hasil panen yang melimpah kepada mereka, yang artinya mereka meyakini adanya kekuatan lain selain Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sanjaya, Virdavirdatoxz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Budaya - Agama
Iman Kepada Allah
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Keywords: Ritual; Cok Bakal; Akidah Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sanjaya Firda
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:31
Last Modified: 19 Feb 2019 01:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item