Studi Sistem Pengelolaan Sampah Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Ernanda Nur (2019) Studi Sistem Pengelolaan Sampah Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ernanda Nur Agustina_H05214002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan peningkatan kepadatan penduduk, Kecamatan Selat memiliki permasalahan yang cukup mendesak terkait pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah yang selama ini dilakukan hanya mengangkutnya dari tempat sampah di permukiman kota dan membuangnya ke TPA atau membakarnya. Keberadaan wadah sampah, alat pemindah,bak pengumpul maupun alat angkut sampah juga masih kurang memadai hingga saat ini. Studi untuk menemukan sistem pengelolaan sampah berkelanjutan diperlukan. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan maksud menelaah kinerja sistem pengelolaan sampah yang telah ada khususnya pada aspek teknis operasional pengelolaan sampah di Kecamatan Selat. Dari analisis tersebut diperoleh hasil proyeksi timbulan sampah di Kecamatan Selat pada tahun 2027 sebesar 177.809 liter/hari. Sedangkan untuk aspek teknis operasional ditemukan bahwa dalam penyediaan pewadahan sampah belum terdapat pemilahan sampah pada tahap awal pengelolaan sampah. Sarana pengumpulan sampah, serta transportasi motor roda tiga maupun gerobak sampah masih belum optimal. Fasilitas pemindahan berupa container 6 m3 belum dilengkapi dengan penanganan air lindi sehingga pengelolaan sampah kurang baik. Waktu pengoperasian pengangkutan sampah belum optimal karena jumlah kendaraan pengangkutan masih kurang dan beberapa unit kendaraan melebihi umur pemakaian. Luas lahan TPA akan mengalami over capacity pada tahun 2027.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Ernanda NurErnanda612@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Uncontrolled Keywords: Sampah; Pengelolaan Sampah; sampah Padat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Agustina Ernanda Nur
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:55
Last Modified: 18 Feb 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30383

Actions (login required)

View Item View Item