Pengembangan soal matematika berintegrasi nilai Keislaman untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fariha, Syaifina Nur (2019) Pengembangan soal matematika berintegrasi nilai Keislaman untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaifina Nur Fariha_D04212051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dikembangkan soal matematika berintegrasi nilai keislaman untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan soal matematika berintegrasi nilai keislaman untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, mengetahui validitas dan reliabilitas soal yang dikembangkan, serta mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diuji coba dengan soal yang dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi dari teori yang dikemukakan oleh Zulkardi yang terdiri dari beberapa langkah yaitu (1) preliminary, (2) self evaluation, (3) prototyping (validasi, evaluasi dan revisi), dan (4) field test (uji lapangan). Uji coba soal dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto pada siswa-siswi kelas akselerasi. Data penelitian diperoleh menggunakan instrument berupa lembar field note, lembar validasi, dan lembar soal matematika berintegrasi nilai keislaman. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, formula Aiken’s V, dan metode split half.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Dari serangkaian proses pengembangan dihasilkan 6 item soal yang dinyatakan layak digunakan pada uji lapangan dengan alokasi waktu pengerjaan 2×45 menit. (2) Enam butir soal yang dikembangkan dan dinyatakan valid dan reliable dengan nilai koefisien validitas isi 0,84 dan nilai reliabilitas tes 0,993. (3) Dari hasil tes siswa, diketahui bahwa 7 siswa (46,7%) termasuk dalam kategori memiliki tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat baik, 7 siswa (46,7%) lainnya termasuk dalam kategori memiliki tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi baik, dan 1 siswa (0,6%) termasuk dalam kategori memiliki tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fariha, Syaifina Nursyaifina_nur@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Soal Matematika; Integrasi nilai keislaman; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fariha Syaifina Nur
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:44
Last Modified: 15 Feb 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30380

Actions (login required)

View Item View Item