Penerapan representasi graf untuk menggambarkan proses berpikir siswa dalam menyelesaiakan masalah matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizki, Wenda Yulian (2019) Penerapan representasi graf untuk menggambarkan proses berpikir siswa dalam menyelesaiakan masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wenda Yulian Rizki_D04214017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Representasi graf adalah sebuah struktur yang dapat digunakan untuk merepresentasikan hubungan yang terjadi antara suatu objek diskrit yang satu dengan objek diskrit yang lain. Representasi graf yang digunakan untuk menggambarkan proses berpikir yaitu graf pohon binair, graf pohon keputusan, dan graf pohon rentang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses berpikir siswa dengan menggunakan representasi graf pohon binair, graf pohon keputusan, dan graf pohon rentang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 26 Surabaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas IX dengan teknik snowball sampling, terdiri dari 3 subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis dengan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dan lembar pedoman wawancara. Hasil data yang telah diperoleh selanjutnya digambarkan kedalam representasi graf pohon binair, graf pohon keputusan, dan graf pohon rentang untuk melihat proses berpikir siswa. Berdasarkan hasil penggambaran proses berpikir siswa dengan menggunakan representasi graf pohon binair. Didapatkan setiap subjek memiliki keberagaman penyelesaian sebanyak 2 macam, sehingga bentuk graf pohon binair yang terbentuk memiliki 2 macam keterhubungan atau 2 macam keberagaman cara penyelesaian. Bentuk representasi graf pohon keputusan dari ketiga subjek terdapat satu subjek yang mempunyai keputusan yang tidak relevan atau didak dapat diambil keputusan dilangkah selanjutnya . Selanjutnya representasi graf pohon rentang didapatkan, S1 memiliki 2 pohon rentang dimana kedua pohon mempunyai keefektifan langkah yang sama. Pada S2 memiliki 2 pohon rentang dimana kedua pohon mempunyai keefektifan langkah yang sama, namun penyelesaian soal nomor 2 lebih terurut. Selanjutnya S3 memiliki 2 pohon rentang serta keefektifan langkah yang terbentuk berbeda. Hal tersebut didapat dari langkah yang diambil dari cara campuran dan eliminasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizki, Wenda Yulianweyulki@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Matematika Realistik
Uncontrolled Keywords: Representasi Graf; Graf Pohon Binair; Graf Pohon Keputusan; Graf Pohon Rentang; Proses Berpikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizki Wenda Yulian
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:30
Last Modified: 15 Feb 2019 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30372

Actions (login required)

View Item View Item