Penerapan Agile Development untuk pengembangan sistem informasi manajemen perusahaan konstruksi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satya, Yudha Tri (2019) Penerapan Agile Development untuk pengembangan sistem informasi manajemen perusahaan konstruksi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yudha Tri Satya_H76214012.pdf

Download (3MB)

Abstract

CV. Karya Mandiri Gemilang (KMG) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi dengan proses administrasi masih dilakukan secara manual. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi manajemen konstruksi yang dapat membantu pihak perusahaan dalam mengelola operasional perusahaan. Dikarenakan CV. KMG memiliki perubahan kebutuhan yang begitu cepat sehingga tidak bisa secara langsung menemukan semua masalah ataupun kebutuhan yang harus dipenuhi, maka model pengembangan yang paling cocok untuk dilakukan pengembangan sistem yang bersifat agile. Dari beberapa model agile development yang ada, dipilihlah salah satu model yaitu Extreme programming (XP). Pengembangan sistem dilakukan dalam beberapa tahapan pengembangan yaitu tahap perencanaan (Planning), perancangan (Design), pengembangan (Coding), dan pengujian (Testing) yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip Agile Development. Hasil dari pengujian alpha menjelaskan bahwa secara keseluruhan sistem yang dibangun telah berhasil atau diterima, karena secara fungsional sistem dapat berjalan seperti yang diharapkan. Adapun hasil pengujian beta dari variabel efficiency sebesar 86%, variabel effectivenees sebesar 81%, dan variabel satisfaction sebesar 79%. Berdasarkan pengujian 3 indikator tersebut, diperoleh nilai usability sistem sebesar 81%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen konstruksi menggunakan pendekatan Agile Development dengan model Extreme programming di perusahaan CV. KMG layak untuk digunakan, namun perlu pengembangan sistem lebih lanjut agar sistem dapat berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satya, Yudha Triyudhatrisatya01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Agile: Sistem Informasi Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Satya Yudha Tri
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:47
Last Modified: 15 Feb 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30371

Actions (login required)

View Item View Item