Analisis Aspek Teknis Operasional dan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Daerah Terlayani Oleh TPS Jetis)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fa'izah, Anisa Rizqi Nur (2019) Analisis Aspek Teknis Operasional dan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Daerah Terlayani Oleh TPS Jetis). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Rizqi Nur Fa'izah_H05214001 .pdf

Download (5MB)

Abstract

TPS Jetis merupakan salah satu TPS yang berada di Kecamatan Lamongan. TPS Jetis melayani empat kelurahan, diantaranya Jetis, Banjarmendalan, Sidokumpul, dan Tlogoanyar. Kondisi sampah TPS Jetis masih tercampur antara sampah organik dan sampah anorganik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting teknis operasional pengelolaan sampah daerah terlayani oleh TPS Jetis, mengetahui sikap masyarakat dalam pengelolaan sampah, dan menganalisis aspek teknis operasional pengelolaan sampah TPS Jetis. Metode yang digunakan untuk pengukuran timbulan sampah adalah load count analysis, dan komposisi sampah yang sesuai dengan SNI-19-3964-1995 yaitu selama 8 hari berturut-turut. Sedangkan data sikap masyarakat dikumpulkan dengan metode kuisioner. Selain itu juga dilakukan observasi, wawancara, dan studi literatur untuk mendapatkan informasi tentang teknis operasional pengelolaan sampah. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pengelolaan sampah di TPS Jetis meliputi pewadahan, pengumpulan, pemindahan, dan pengangkutan, tanpa ada kegiatan pemilahan dan pengolahan. Laju timbulan sampah TPS Jetis pada tahun 2018 sebesar 20,55 m3/hari dan pada tahun 2027 meningkat menjadi 22,47 m3/hari. Sedangkan komposisi sampah TPS Jetis terbesar adalah sampah sisa makanan yaitu sebanyak 50% atau 10,27 m3/hari. Sikap masyarakat dalam pengelolaan sampah didominasi oleh sikap positif, diantaranya melakukan memilah sampah 72% positif, membayar retribusi sampah 87%, berpartisipasi untuk mengolah sampah 76%, dan sosialisasi pengelolaan sampah secara rutin 94%. Berdasarkan komposisi sampah dan kemauan masyarakat, maka direncanakan pewadahan komunal untuk 26 KK dengan dimensi wadah sampah organik biodegradable (sampah sisa makanan dan daun) = 0,27m × 1m × 0,5m dan dimensi wadah sampah anorganik (kaca, logam, dan besi) dan organik non biodegradable (plastik, kertas, kain, kayu, karet) = 0,73m × 1m × 0,5m. Selain itu juga direncanakan komposter komunal berdimensi 110cm × 50cm × 80cm. Pada proses pemindahan juga diperlukan TPS yang menunjang, maka direncanakan ulang TPS dengan komponen berikut: tempat pemilahan, tempat penyimpanan sampah, area parkir gerobak, dan kamar mandi untuk petugas sampah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fa'izah, Anisa Rizqi Nuranisarizqinf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Teknik Lingkungan
Uncontrolled Keywords: TPS Jetis; Operasional Pengelolaan sampah; Sikap Masyarakat; Aspek Teknis; Perencanaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Fa'izah Anisa Rizqi Nur
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:09
Last Modified: 18 Feb 2019 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30370

Actions (login required)

View Item View Item