Implementasi Inovasi Kurikulum Integrasi keislaman terhadap pembentukan moralitas siswa di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Faidatul (2019) Implementasi Inovasi Kurikulum Integrasi keislaman terhadap pembentukan moralitas siswa di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faidatul Ainiyah_D91215092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana inovasi kurikulum berintegrasi keislaman (2) Bagaimana moralitas siswa di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi inovasi kurikulum berintegrasi keislaman terhadap moralitas siswa di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan pemahaman siswa terkait dengan pembelajaran agama. Para siswa ini cenderung dimengerti saja, tidak sampai benar-benar dipahami dan di aplikasikan, padahal hakikatnya pembelajaran agama merupakan pelajaran yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dikarenakan untuk membentuk karakter membutuhkan rentan waktu yang panjang, dengan begitu tanpa di rangsang peserta didik tidak akan mempelajarinya dan mempraktikannya dengan sendirinya karena dianggap sudah faham dan disepelekan. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo sebagai obyek penelitian dan berfokus pada cara guru menarik minat siswa untuk mendalami pengetahuan agama lewat mata pelajaran yang diajarkan. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif karena data-data yang digunakan berupa hasil wawancara pihak sekolah dan murid,, observasi lapangan dan deskripsi dokumentasi yang ada. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan beberapa guru sudah mulai menerapkan kurikulum berintegrasi keislaman pada siswa di masing-masing pelajaran yang diajarkan dengan mengaitkan materi umum dengan pengetahuan agama islam yang sesuai dengan materi tersebut, sehingga beberapa murid sudah mulai memiliki rasa ingin tahu dan tertarik untuk mempelajari pengetahuan agama islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, FaidatulFaidatulainiyah.fa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Integrasi Keislaman; Moralitas Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainiyah Faidatul
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:50
Last Modified: 15 Feb 2019 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30360

Actions (login required)

View Item View Item