Profil partisipasi epistemik siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kecerdasan linguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahrojiyah, Nur Fitriatul (2019) Profil partisipasi epistemik siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kecerdasan linguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitriatul Mahrojiyah_D94213115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi epistemik adalah bentuk partisipasi siswa secara lisan tentang suatu pengetahuan dalam proses epistemik pembelajaran matematika. Studi partisipasi epistemik diperlukan dengan pertimbangan bahwa keragaman partisipasi aktif siswa tidak cukup hanya dinilai secara kuantitaif, tetapi juga dideskripsikan secara kualitatif. Khususnya bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik, dimana siswa memiliki kelebihan kemampuan dalam mengekspresikan ide melalui tulisan dan lisan dalam proses epistemik pembelajaran matematika. Karakter epistemik partisipasi siswa diketahui dengan menghubungkan explanandum (isu yang perlu dijelaskan) ke explanans (cara untuk menjelaskan isu) dalam matriks epistemik. Berdasarkan pemaparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi epistemik dan karakter epistemik partisipasi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS MAN Sidoarjo pada semester ganjil tahun pembelajaran 2018/2019. Subjek penelitian diambil secara purposive sampling. Subjek penelitian terpilih adalah 4 orang siswa yang memiliki kecerdasan linguistik. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dengan menggunakan video recorder untuk mendokumentasikan 2 kali pembelajaran matematika secara berturut-turut pada materi Program Linier. Data berupa rekaman video terlebih dahulu diambil bagian-bagian penting yang sesuai kebutuhan penelitian, lalu ditranskrip dalam percakapan tertulis. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan matriks epistemik. Penarikan kesimpulan berdasarkan indikator pengkategorian tingkat partisipasi epistemik siswa. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan tidak adanya partisipasi epistemik siswa yang memiliki kecerdasan linguistik pada pembelajaran matematika yang pertama. Sedangkan, partisipasi epistemik menunjukkan adanya perubahan kuantitas secara positif pada proses diskusi penyelesaian permasalahan dalam pembelajaran matematika yang kedua. Partisipasi epistemik siswa dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu partisipasi epistemik yang dinilai rendah dan partisipasi epistemik siswa yang dinilai tinggi. Karakter explanandum yang muncul meliputi konsep, proposisi, representasi semiotik, model matematika, dan solusi konkret. Sedangkan, mode explanans yang digunakan yaitu penamaan & penyebutan, perumusan yang jelas, pemaknaan & koneksi, serta evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahrojiyah, Nur Fitriatulfitria.mahrojiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Linguistik
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Epistemik; Explanandum; Explanans; Pembelajaran Matematika; Kecerdasan Linguistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mahrojiyah Nur Fitriatul
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:08
Last Modified: 15 Feb 2019 08:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30356

Actions (login required)

View Item View Item