Metodologi penafsiran Misbah Musthafa dalam Al-Iklil FiMa'ani al-Tanzi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shuhada, Muhammad Aula Rahmad (2019) Metodologi penafsiran Misbah Musthafa dalam Al-Iklil FiMa'ani al-Tanzi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Aula Rahmad Shuhada_E73214033.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tafsir dalam Bahasa Melayu berhuruf Arab (jawi) berkembang di Indonesia telah dimulai pada periode abad ke 17 M. Pendidikan agama dasar pada waktu itu sudah dilakukan di surau-surau atau di Masjid. Mulai dari pengenalan huruf hijaiyah sampai pada pendalaman ayat-ayat Alqur’an (tafsir). maka muncullah mufassir lokal yang mencoba menafsirkan Alqur’an dengan berbagai metode. Misbah Musthafa sebagai ulama dari Tuban Jawa Timur menafsirkan Alqur’an dengan pembahasalokalan, yaitu bahasa jawa pegon.Penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran terhadap metodologi yang digunakan mufassir dalam menafsirkan ayat Alqur’an. Untuk mengungkap teori yang digunakan maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kajian teori. Penelitian ini termasuk metode kualitatif yang sumber datanya diperoleh dari kepustakaan (library research).Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa dalam metodologi tafsir Alqur’an dalam Tafsir al-Ikli>l fi> Ma’a>ni> al-Tanzi>l yang digunakan Misbah Musthafa, menunjukkan dari penafsiran tersebut dapat pemahaman metodologi yang ia paparkan, ia menggunakan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis, dimana mufasir juga melihat asbabun nuzul ayat dalam Alqur’an. Corak yang digunakan Misbah Mustafa dalam tafsirnya dengan menggunakan corak adabi> al-Ijtima’i> (social kemasyarakatan), corak fiqih dan corak tasawuf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shuhada, Muhammad Aula Rahmadmuhammad.aularahmat@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Shuhada Muhammad Aula Rahmad
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:31
Last Modified: 15 Feb 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30353

Actions (login required)

View Item View Item