Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika berbasis proyek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Masriah Nur (2019) Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika berbasis proyek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masriah Nur Afifah_D04214012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Salah satu tantangan besar masyarakat Indonesia pada abad ke-21 adalah globalisasi, dimana globalisasi dapat menyebabkan persaingan di segala bidang kehidupan masyarakat semakin besar. Untuk menghadapi persaingan tersebut, maka setiap orang harus memiliki keterampilan abad 21. Keterampilan abad 21 yaitu keterampilan belajar dan berinovasi (learning and innovation skill) yang harus dimiliki manusia di abad 21 meliputi 4C keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi dan kolaborasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat memunculkan keterampilan abad-21 ini adalah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan profil keterampilan abad 21 siswa dalam pembelajaran matematika berbasis proyek.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 6 siswa kelas VIIIA SMPN 17 Surabaya, yang dibedakan berdasarkan tingkat kemampuan matematika yaitu 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui tes dan wawancara untuk keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Tes dan observasi untuk keterampilan komunikasi, observasi dan penilaian teman sejawat untuk keterampilan kolaborasi. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut, profil keterampilan abad 21 siswa dalam pembelajaran berbasis proyek adalah 1)Siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan sedang memiliki profil keterampilan berpikir kritis yang baik, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki profil keterampilan berpikir kritis yang cukup. 2)Siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki profil keterampilan berpikir kreatif yang baik, siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki profil keterampilan berpikir kreatif yang cukup, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki profil keterampilan berpikir kreatif yang kurang. 3) Profil keterampilan komunikasi siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah termasuk dalam kategori cukup, dan 4)Profil keterampilan kolaborasi siswa dengan kemampuan matematika tinggi termasuk dalam kategori cukup dan baik, sedangkan profil keterampilan kolaborasi siswa dengan kemampuan matematika sedang dan rendah termasuk dalam kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Masriah Nurmasriahnur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Abad 21; Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Afifah Masriah Nur
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:40
Last Modified: 15 Feb 2019 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30344

Actions (login required)

View Item View Item