Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari tingkat kecemasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sherly Anindia (2019) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari tingkat kecemasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sherly aninda p_D94214088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan dalam merumuskan dan mengevaluasi pendapat sehingga ketika memecahkan masalah disertai alasan yang kuat dan analisis yang baik. Dengan alur pemikiran kemampuan berpikir kritis siswa dapat menyelesaikan masalah matematika dengan cepat dan mudah, namun ketika siswa merasa cemas siswa merasa bahwa dirinya tidak mampu mempelajari materi ataupun menyelesaikan masalah matematika. Oleh kereana itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dari berbagi tingkat kecemasan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A MTs Progresif Bumi Shalawat yang terdiri dari 2 siswa yang mempunyai kecemasan ringan, 2 siswa yang mempunyai kecemasan sedang, dan 2 siswa yang mempunyai kecemasan berat. Teknik pengumpulan data menggunakan, Observasi, tes tulis dan wawancara. Kemudian dianalisis berdasarkan indikator tingkat kecemasan , dan indikator berpikir kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika siswa yang mempunyai tingkat kecemasan ringan kemampuan berpikir kritisnya sangat tinggi, untuk siswa yang mempunyai kecemasan sedang kemampuan berpikir kritisnya juga sedang, sedangkan siswa yang mempunyai kecemasan berat kemampuan berpikir kritisnya rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Sherly Anindiasherlyanindia30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Berpikir Kritis, Masalah Matematika, Kecemasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sherly Anindia
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:42
Last Modified: 15 Feb 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30340

Actions (login required)

View Item View Item