Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) dan self-regulated learning untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa pada pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fiitriyah, Sa'idatul (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) dan self-regulated learning untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa pada pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sa'idatul Fitriyah_D94214087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eterlaksanaan sintak dan aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran, mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran, dan mengetahui penurunan prokrastinasi akademik siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan Self-Regulated Learning.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau biasa disebut Quasi Eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Subyek pada penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan dan teknik angket. Teknik pengamatan dilakukan untuk mengamati keterlaksanaan sintak dan aktivitas siswa, dan teknik angket dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran dan mengetahui prokrastinasi akademik siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Data prokrastinasi akademik siswa dianalisis dengan menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan sintak dalam pembelajaran model TAI dan self-regulated learning termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata nilai keseluruhan 2,97 karena guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran model TAI dan self-regulated learning. Aktivitas siswa dalam pembelajaran model TAI dan self-regulated learning dapat dikatakan positif karena aktivitas siswa yang termasuk dalam kategori aktif sebesar 96,7% lebih besar dari aktivitas siswa yang pasif sebesar 3,3%. Respon siswa terhadap pembelajaran model TAI dan self-regulated learning dikatakan positif dengan rata-rata persentase ≥ 70% yaitu sebesar 80,98%. Perilaku prokrastinasi akademik siswa setelah penerapan pembelajaran model TAI dan self-regulated learning mengalami penurunan. Berdasarkan analisis data diperoleh 〖-Z〗_hitung=-1,845 <〖-Z〗_(tabel )=-1,64 dengan taraf signifikan 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan self-regulated learning dapat mengatasi prokrastinasi akademik siswa pada pembelajaran matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fiitriyah, Sa'idatulsaidatul.lamongan123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: TAI (Team Assisted Individualization), Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitriyah Sa'idatul
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:50
Last Modified: 15 Feb 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30337

Actions (login required)

View Item View Item