Konsep humanisasi pada masyarakat era teknologi (studi komparasi pemikiran Erich Fromm dan Kuntowijoyo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alchamid, Ngabdul Ngazis (2019) Konsep humanisasi pada masyarakat era teknologi (studi komparasi pemikiran Erich Fromm dan Kuntowijoyo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ngabdul Ngazis Alchamid_E91214050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sejak memasuki era industri, kehidupan masyarakat sudah mulai dimudahkan oleh mesin-mesin teknologi, hingga kemudahan yang diberikan oleh teknologi membawa kemajuan pada peradaban manusia. Akan tetapi, ternyata teknologi juga membawa dampak negatif di dalam masyarakat. Menurut Erich Fromm teknologi tidak lagi hanya menjadi sarana untuk mencapai tujuan, akan tetapi sudah menjadi tujuan dari masyarakat. Sedangkan menurut Kuntowijoyo, teknologi diciptakan oleh manusia untuk membantu pekerja industri agar memperoleh hasil yang efisien, akan tetapi hal sebaliknya yang terjadi adalah pekerja mengikuti kerja dari mesin teknologi. Teknologi yang seharusnya melayani manusia, menjadi manusia yang melayani teknologi. Bagi Erich Fromm dan Kuntowijoyo, masyarakat sedang dalam keadaan dehumanisasi. Oleh karena itu diperlukan humanisasi pada masyarakat, yang bertujuan untuk mengembalikan derajat kemanusiaan. Penelitian ini merupakan studi komparasi antara pemikiran Erich Fromm dan Kuntowijoyo mengenai konsep humanisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menjelaskan keadaan masyarakat era teknologi dan mengumpulkan sumber data dari karya-karya Erich Fromm dan Kuntowijoyo, serta sumber lain yang sesuai dengan tema. Dalam studi komparasi, penelitian ini menggunakan metode komparasi simetris, dengan mengurai pemikiran Erich Fromm dan Kuntowijoyo satu persatu secara lengkap, kemudian membuat perbandingan dari pandangan kedua tokoh tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah perbedaan pemikiran Erich Fromm dan Kuntowijoyo yang terletak pada landasan berfikirnya, serta pemakaian aspek spiritual dalam mendukung konsep humanisasi. Sedangkan persamaan pemikiran kedua tokoh tersebut terdapat dalam tiga aspek, yaitu humanisasi, pembebasan dan pemenuhan kebutuhan spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alchamid, Ngabdul Ngazisaziz92540@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Islam dan Humanisme
Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: konsep humanisasi; Erich Fromm; Kuntowijoyo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Alchamid Ngabdul Ngazis
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:27
Last Modified: 18 Feb 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30336

Actions (login required)

View Item View Item