Pengorganisasian masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan guna meminimalisir bencana banjir Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Shofirotus (2019) Pengorganisasian masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan guna meminimalisir bencana banjir Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofirotus Sholichah_B92214072.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini menggambarkan tentang realitas kehidupan masyarakat yang dilanda ancaman bencana banjir di Desa Morowudi kemudian mengenai upaya dalam menanggulangan terhadap bencana banjir. Tujuan dari penanggulangan ini merupakan sebagian langkah dalam pengurangan risiko bencana untuk meningkatkan kapasitas dan menurunkan kerentanan masyarakat dalam menghadapi bencana, kemudian strategi yang tepat untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi banjir dan hasil yang dicapai dalam menciptakan masyarakat yang siap siaga untuk menuju desa tangguh bencana. Penelitian dan pendampingan ini menggunakan pendekatan metode PAR (Participatory Action Research) yang melibatkan masyarakat secara aktif dan menjadikan pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan dan jalan untuk mencari perubahan yang lebih baik. Penelitian ini mengajak masyarakat Desa Morowudi guna meminimalisir akan terjadinya bencana banjir dengan upaya pelestarian lingkungan. Melalui penyadaran masyarakat terdapat 5 tahap yaitu melakukan forum diskusi dan komunikasi bersama kelompok, melakukan kampanye kesadaran lingkungan, Pemetaan bersama masyarakat, aksi bersih desa, pemanfaatan botol plastik menjadi media tanam agar masyarakat berperan penting dalam upaya pelestarian lingkungan guna meminimalisir bencana banjir di Desa Morowudi. Kegiatan tersebut mampu menjadi stimulus bagi masyarakat Desa Morowudi untuk mewujudakan desa yang bersih lingkungan dan tangguh bencana. Kedua dengan pembentukan kelompok peduli lingkungan dengan membentuk gerakan aksi untuk lingkungan, masyarakat akan terorganisir dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Shofirotuscopisholichah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Pelestarian Lingkungan dan Bencana Banjir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sholichah Shofirotus
Date Deposited: 15 Feb 2019 09:24
Last Modified: 15 Feb 2019 09:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30332

Actions (login required)

View Item View Item