Makna Lafaz Al-Zan dalam Surah Al-Hujurat Ayat 12 Perspektif Ulama Tafsir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, Iklima Fatwa (2019) Makna Lafaz Al-Zan dalam Surah Al-Hujurat Ayat 12 Perspektif Ulama Tafsir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iklima Fatwa Yahya_E93214073.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penulis memilih tema ini, karena dirasa menarik dan sangat penting untuk dilakukan penelitian makna lafaz Al-Zan dalam Surah Al-Hujurat Ayat 12 Perspektif Ulama Tafsir yang diartikan dengan multifasir. Penulis menganilisa tentang makna lafadz al-zan dan penggunaan teori-teori yang digunakan mufassir. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang menitik beratkan pada literatur dengan cara menganalisis isi dari literatur-literatur yang terkait dengan penelitian baik dari sumber primer maupun sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna lafaz al-zan dalam surah Al-Hujurat ayat 12 menurut para mufassir dan penerapan teori-teori yang digunakan mufassir dalam menafsirkan lafaz Al-Zan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa makna lafaz Al-zan ini mempunyai arti prasangka. Prasangka yang dimana lebih condong ke sifat tercela. Tetapi ada juga mufassir yang mengartikan sebagai prasangka yang sifatnya baik. Selain itu mufassir menafsirkannya menggunakan teori munasabah dan fungsi sunnah. Munasabah ialah kedekatan atau kemiripan yang terjadi pada dua hal atau lebih dan terjadi pada seluruh unsur atau hanya sabagian saja. Selain itu mufassir juga menggunakan teori fungsi sunnah dimana hadis tersebut sebagai penguat isi kandungan dalam Alquran. Selain itu prasangka bisa juga diartikan atau mengarah pada yang sifatnya terbuka, maksudnya mengajak orang lain untuk mempercayai apa yang kita sangka, dan belum tentu itu benar kejelasannya sehingga mengakibatkan akan terjadinya ghibah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, Iklima Fatwaiklimafatwa89@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Al-zan; Ulama Tafsir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yahya Iklima Fatwa
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:32
Last Modified: 15 Feb 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30330

Actions (login required)

View Item View Item